Aspek Sosial Dalam Naskah Drama Kidung Pinggir Lurung Karya Udyn U.Pe.We: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Suprihatin, Ika and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum. (2013) Aspek Sosial Dalam Naskah Drama Kidung Pinggir Lurung Karya Udyn U.Pe.We: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (616kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun naskah drama Kidung Pinggir Lurung karya Udyn U. Pe. We, 2) mengungkapkan aspek sosial dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung karya Udyn U. Pe. We, 3) memaparkan implementasi aspek sosial naskah drama Kidung Pinggir Lurung karya Udyn U. Pe. We sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah deskritif kualitatif. Objek yang diteliti adalah aspek sosial dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung karya Udyn U. Pe. We, melalui pendekatan sosiologi sastra. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek sosial dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung karya Udyn U. Pe. We yang berwujud wacana. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dan triangulasi teori. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik dialektika. Berdasarkan analisis struktural, tema dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung adalah akibat tidak menjaga amanah atau kepercayaan dalam hubungan berumah tangga. Alur dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung adalah campuran. Tokoh yang terdapat dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung, yaitu tokoh utama Mbok Karto, tokoh bulat (Tarman), tokoh sederhana (Sumitri), dan yang lain sebagai tokoh pendukung. Latar dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung dikaji melalui tiga aspek, yaitu latar tempat di desa Malanggaten sekitar kota Solo, di sumur yang ada di belakang rumahnya Slamet, dan di rumah Sumitri, latar waktu terjadi pada sore hari ketika Mbok Karto membuka warung, malam hari, menceritakan kembali penutupan tempat kerja Lina yang lama, dan menjelang pagi, dan latar sosial, yaitu masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan analisis sosiologi sastra, aspek sosial dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung, yaitu a) Masalah kemiskinan, b) disorganisasi keluarga, c) masalah pelacuran, d) birokrasi yang tidak memihak rakyat, dan e) masalah kepemimpinan yang memihak penguasa. Aspek sosial dalam naskah drama Kidung Pinggir Lurung dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, pada Standar Kompetensi ke-2 berkaitan dengan membaca dan Kompetensi Dasar 7.2 yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek sosial, naskah drama Kidung Pinggir Lurung, sosiologi sastra, dan bahan ajar sastra di SMA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 11:26
Last Modified: 02 Nov 2021 03:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26458

Actions (login required)

View Item View Item