Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andreahirata: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Maemonah, Siti and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum (2013) Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andreahirata: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (950kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata, (2) mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas, (3) mendeskripsikan implementasi tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berupa novel Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata, sumber data sekunder berupa wacana yang terdapat dalam teks novel, penyelusuran browsing internet, dan buku-buku lain. pengumpulan data menggunakan teknik catat dan pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik pembacaan semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas adalah (1) perempuan yang sabar, (2) perempuan yang tekun bekerja secara teratur (3) perempuan yang tidak lekas putus asa, (4) perempuan yang berbicara singkat, tetapi mantab, (5) perempuan yang cekatan. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA. Dengan demikian aspek kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta di Dalam Gelas dapat dijadikan acuan oleh pembaca untuk diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan sebagai bahan ajar pembelajaran di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek kepribadian, Novel Cinta di Dalam Gelas, Psikologi Sastra
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 07:53
Last Modified: 02 Nov 2021 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26451

Actions (login required)

View Item View Item