Ragam Pemakaian Bahasa Dalam SMS (Short Message Service) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah FKIP, UMS Angkatan 2007

Noviana, Beti Ika and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2013) Ragam Pemakaian Bahasa Dalam SMS (Short Message Service) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah FKIP, UMS Angkatan 2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (837kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (580kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi yang jelas mengenai wujud pemakaian bahasa dan hal-hal yang melatarbelakangi pemakaian bahasa dan Simbol-simbol ekspresi atau emoticon yang sering dipergunakan dalam SMS mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra dan Daerah FKIP UMS. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yang membuat deskripsi secara nyata dan faktual tentang bahasa dalam SMS mahasiswa dengan Objek penelitian SMS mahasiswa Program Studi pendidikan bahasa, Sastra Indonesia dan daerah.Pengumpulan data menggunakan teknik rekam, simak, catat, dan wawancara.Analisis data menggunakan metode padan dan agih.Validitas data mengunakan triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Penelitian adalah (1) wujud pemakaian bahasa dalam SMS mahasiswa yang berupa: (a) pemilihan kata yang terdiri dari penulisan kata yang tidak lengkap, penggunaan kata ganti sapaan, penggunaan interjeksi, dan penggunaan singkatan-singkatan tertentu. (b) penggunaan alih kode yang terdiri dari alih kode intern dan ekstern, (c) penggunaan campur kode yang terdiri dari campur kode kedalam, campur kode frasa, dan campur kode keluar, (d) penggunaan singkatan huruf kapital. (2). hal-hal yang melatarbelakangi meliputi(a) penghematan, (b) mempermudah penulisan SMS dalam keypad, (c) mempertegas informasi yang disampaikan, (d) ingin menunjukkan keakraban dan (e) ingin mengekspresikan diri melalui tulisan dalam SMS. (3). simbol ekspresi ada 5 kelompok antara lain (a) ekspresi senyum (:-D ) artinya senyum lebar, (b) marah ( T:! ) artinya kesal, (c) sedih ( :-( ) artinya cemberut, (d) menggoda ( :-P ) artinya meledek, (e) emosi ( :-o ) artinya bersorak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemakaian bahasa, pemilihan kata dan simbol
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 06:22
Last Modified: 02 Nov 2021 03:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26439

Actions (login required)

View Item View Item