Analisis Kualitatif Penggunaan Antibiotik Berdasarkan Kriteria Yssens Pada Penderita Demam Tifoid Rawat Inap Di RSUD Dr. Moewardi Tahun 2012

Hapsari, Vivin and , Dr. dr. EM Sutrisna, M. Kes (2013) Analisis Kualitatif Penggunaan Antibiotik Berdasarkan Kriteria Yssens Pada Penderita Demam Tifoid Rawat Inap Di RSUD Dr. Moewardi Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)

Abstract

Demam tifoid merupakan penyakit infeksi sistemik disebabkan oleh Salmonella typhi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketepatan penggunaan antibiotik pada penderita demam tifoid berdasarkan kriteria Gyssens pada pasien rawat inap di RSUD Dr. Moewardi tahun 2012 berdasarkan standar Depkes tahun 2006. Penelitian ini merupakan penelitian observasional (non eksperimental). Pengumpulan data dilakukan secara retrospektif, hasil penelitian diuraikan secara deskriptif & dianalisis dengan alur gyssens. Dari 137 kasus, terdapat 66 kasus demam tifoid yang masuk kriteria inklusi, pasien yang menderita demam tifoid, pasien mendapat terapi antibiotik, pasien tanpa disertai penyakit infeksi lain, serta pasien rawat inap yang tercatat mendapatkan terapi pengobatan di RSUD Dr. Moewardi tahun 2012. Pengambilan sampel dilakukan secara non random dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian demam tifoid rawat inap di RSUD Dr. Moewardi tahun 2012 menurut kriteria Gyssens dapat disimpulkan bahwa, 6 pasien (9,1%) penggunaan antibiotik tepat (kategori Gyssens I), sisanya 60 (90,9%) penggunaan antibiotik tidak tepat (tidak sesuai dengan standar Depkes, 2006) meliputi penggunaan antibiotik tidak tepat dosis, tidak tepat interval pemberian, tidak tepat rute pemberian, antibiotik terlalu lama, antibiotik terlalu singkat, ada antibiotik lain yang lebih efektif, ada antibiotik yang lebih aman, ada antibiotik yang lebih murah, ada antibiotik yang sprektumnya lebih sempit, data rekam medik tidak lengkap dan tidak dapat dievaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demam tifoid, Ketepatan pemilihan antibiotik, Metode Gyssens, RSUD Dr. Moewardi
Subjects: Q Science > QD Chemistry
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 01 Oct 2013 12:57
Last Modified: 09 Sep 2022 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

View Item View Item