Hubungan Lama Pendidikan Dan Persepsi Pasien Tentang Diet Dengan Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Maulah, Ismatul and , Farida Nur Isnaeni, S.Gz., M.Sc Dietisien and , Sri Maryani, S.Gz (2013) Hubungan Lama Pendidikan Dan Persepsi Pasien Tentang Diet Dengan Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (654kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (846kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)

Abstract

Pendahuluan : Terapi gizi merupakan komponen utama keberhasilan penatalaksanaan diabetes. Salah satu penatalaksanaan diabetes adalah dengan menjalankan kepatuhan pengaturan makan yang baik. Pendidikan dan persepsi pasein termasuk dalam faktor yang mempengaruhi kepatuhan diet di rumah sakit. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama pendidikan dan persepsi pasien tentang diet dengan kepatuhan diet pasien diabetes mellitus tipe II rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilakukan selama 3 bulan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 22 pasien DM tipe II sesuai dengan kriteria. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menanyakan asupan makan (recall 3 x 24 jam) untuk menentukan kepatuhan diet, sedangkan data lama pendidikan dan persepsi tentang diet menggunakan kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah pearson product moment. Hasil Penelitian : Hasil penelitian karakteristik umur responden sebagian besar (72,7%) berumur ≥ 45 tahun, jenis kelamin responden sebagian besar (59,1%) perempuan, pendidikan responden sebagian besar (54,6%) berpendidikan dasar, pekerjaan responden sebagian besar (41%) ibu rumah tangga, persepsi tentang diet sebagian besar negatif (59,1%), ketepatan jumlah energi yang dikonsumsi responden sebagian besar (72,73%) dalam kategori tidak tepat, dan ketepatan kontribusi gula sederhana yang dikonsumsi responden sebagian besar (86,4%) dalam kategori baik. Kesimpulan : Ada hubungan antara lama pendidikan dengan ketepatan jumlah energi dengan (p = 0,030). Tidak ada hubungan antara lama pendidikan dengan ketepatan kontribusi gula sederhana dengan (p = 0,110). Ada hubungan antara persepsi pasien tentang diet dengan ketepatan jumlah energi (p = 0,003) dan ketepatan kontribusi gula sederhana dengan (p = 0,000).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Diet, Lama Pendidikan, Persepsi Pasien Tentang Diet
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 01 Oct 2013 12:46
Last Modified: 09 Sep 2022 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26437

Actions (login required)

View Item View Item