Hubungan Antara Persepsi Penyajian Makanan dan Daya Terima Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Gizi Pasien DM Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Agustina, Setya and , Ririn Yuliati S.Si.T., M.Si and , Farida Nur Isnaeni, S.Gz., M.Sc Dietisien (2013) Hubungan Antara Persepsi Penyajian Makanan dan Daya Terima Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Gizi Pasien DM Tipe II Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (512kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (696kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Pendahuluan : Diabetes mellitus merupakan suatu kumpulan keadaan yang disebabkan oleh kegagalan pengendalian gula darah. Pada tahun 2009, International Diabetes Federation (IDF) memprediksi kenaikan jumlah penyandang diabetes mellitus dari 7,0 juta menjadi 12,0 juta pada tahun 2030. Penyelenggaraan makanan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan pasien terhadap gizi seimbang. Komponen penting dalam penyelenggaraan makanan adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh persepsi pasien terhadap penyajian makanan dan daya terima pasien. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi penyajian makanan dan daya terima pasien dengan tingkat kepuasan pelayanan gizi pasien diabetes mellitus tipe II rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian dilakukan selama 1 bulan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 22 pasien DM tipe II. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada sampel untuk mengetahui persepsi penyajian makanan, daya terima dan tingkat kepuasan pelayanan gizi. Uji statistik yang digunakan adalah uji Fisher’s Exact. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan deskripsi karakteristik umur responden sebagian besar (72,7%) adalah berumur ≥45 tahun, jenis kelamin responden sebagian besar (59,1%) adalah perempuan, tingkat pendidikan responden sebagian besar (50,0%) adalah pendidikan dasar, pekerjaan responden sebagian besar (41%) adalah ibu rumah tangga. Hasil uji hubungan antara persepsi penyajian makanan dengan tingkat kepuasan (p=0,136), uji hubungan antara daya terima dengan tingkat kepuasan (p=1,000). Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara persepsi penyajian makanan dengan tingkat kepuasan pelayanan gizi pasien DM. Tidak terdapat hubungan antara daya terima dengan tingkat kepuasan pelayanan gizi pasien DM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DM tipe II, penyajian makanan, daya terima, tingkat kepuasan pelayanan gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 01 Oct 2013 12:37
Last Modified: 09 Sep 2022 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26434

Actions (login required)

View Item View Item