Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir Di Dusun Nusupan Desa Kadokan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo

Prasetyo, Ferri and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2013) Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir Di Dusun Nusupan Desa Kadokan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir yang dilihat dari tingkat pendidikan antara lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA, dan lulusan Perguruan Tinggi di Dusun Nusupan, Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi masyarakat Dusun Nusupan berdasarkan tingkat pendidikan sebesar 221 KK (Kepala Keluarga). Jumlah seluruh sampel sebesar 130 KK (Kepala Keluarga) yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling (pengambilan sampel secara acak berstrata proporsional). Berdasarkan tingkat ekspalanisnya penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu tingkat kesiapsiagaan sebagai variabel bebas (independen) dan tingkat pendidikan sebagai variabel terikat (dependen). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi (pengamatan), kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi kuadrat k sampel. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh besarnya nilai 2 hitung sebesar 22,792 dengan p = 0,030. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan nilai p < 0,05; maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan tingkat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir, antara lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA, dan lulusan Perguruan Tinggi di Dusun Nusupan, Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Analisis lanjut dalam penelitian ini menggunakan analisis Koefisien Kontingensi. Hasil analisis kontingensi menunjukkan tingkat kesiapsiagaan mempunyai hubungan signifikan dengan tingkat pendidikan lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA, dan lulusan Perguruan Tinggi sebesar 0,386. Artinya tingkat kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana banjir di Dusun Nusupan dapat diberlakukan ke populasi atau berhubungan didalam populasinya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kesiapsiagaan, Bencana Banjir, Tingkat pendidikan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2013 12:23
Last Modified: 31 Oct 2021 08:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26430

Actions (login required)

View Item View Item