Pengelolaan Pembelajaran Tematik di SD Djama’atul Ichwan Surakarta

Hayati, Wiwik Nurul and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Drs. Maryadi, M.A. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Tematik di SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik perencanaan pembelajaran tematik di SD Djama’atul Ichwan Surakarta; (2) Karakteristik pengorganisasian pembelajaran tematik di SD Djama’atul Ichwan Surakarta; (3) karakteristik pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Djama’atul Ichwan Surakarta; dan (4) karakteristik evaluasi pembelajaran tematik di SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Jenis penelitian ini kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pelaksanaan penelitian di SD Djama’atul Ichwan Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Informan yang dipilih adalah kepala sekolah, guru, pengawas sekolah dan komite sekolah. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber maupun triangulasi teknik pengumpulan data. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) dalam perencanaan pembelajaran tematik SD diawali dengan memetakan kompetensi dasar, mengembangkan jaringan tema, mengembangkan silabus, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), mempersiapkan media pembelajaran; menyusun Silabus dan RPP yang dikerjakan bersama-sama dalam KKG yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan sekolah masing-masing oleh para guru; guru kelas rendah menyiapkan tujuh jenis dokumen; (2) Pengorganisasian pembelajaran tematik dilakukan dengan menyusun langkah-langkah penataan isi pembelajaran, diantaranya: menyajikan kerangka isi; elaborasi; merangkum dan mensintesis; menyajikan, dan tahap akhir pembelajaran, menyajikan kerangka isi dan mensintesiskan keseluruhan isi bidang studi yang telah diajarkan; mengelola perangkat pembelajaran, diantaranya RPP pembelajaran tematik, program semester dan program tahunan; (3) dalam pelaksanaan pembelajaran tematik SD meliputi tujuan pembelajaran tematik, materi pembelajaran tematik dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang sudah ditetapkan, Strategi pembelajaran: dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan pembukaan/ awal/ pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, media pembelajaran tematik yang digunakan sesuai tema materi pelajaran yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari; (4) dalam evaluasi pembelajaran SD menggunakan model evaluasi alat tes dan non tes, cara penilaian di kelas tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis; penilaian mengacu pada indikator kompetensi dasar mata pelajaran; dilakukan secara terus menerus; dan digunakan sebagai masukan guru mengambil keputusan terhadap siswa; dilakukan secara terpisah untuk masing-masing mata pelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Oct 2013 12:21
Last Modified: 26 Oct 2021 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26428

Actions (login required)

View Item View Item