Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Contextual Teaching And Learning Di SMA Negeri 2 Sukoharjo

Lilianti, Lilianti and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Phil. Dewi Candraningrum, M.Ed. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Contextual Teaching And Learning Di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (771kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
CHAPTER_1.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Bab II)
CHAPTER_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab III)
CHAPTER_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab IV)
CHAPTER_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
CHAPTER_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian secara umum mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran biologi berbasis CTL di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Secara rinci tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran biologi berbasis CTL di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Informan: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dua orang guru biologi dan tiga orang siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data. Hasil penelitian, (1) perencanaan pembelajaram biologi diwujudkan dalam bentuk RPP. Sistematika RPP yaitu: apersepsi, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Strategi pembelajatan kontekstual dengan memanfaatkan lingkungan dan laboratorium sekolah. (2) pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis kontekstual dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap awal pembelajaran, tahap penyampaian inti pembelajaran, dan tahap akhir pembelajaran. Pada tahap awal pembelajaran guru memberikan test lisan atau test tertulis saja pada beberapa siswa. Pada tahap inti guru melakukan kegiatan elaborasi, eksplorasi, dan konfirmasi tentang pemahaman siswa terhadap materi sebelumnya dan mencoba mengaitkan dengan materi yang akan disampaikan. Pada tahap akhir guru dan siswa menyimpulkan bersama‐sama materi yang sudah diajarkan. (3) evaluasi dalam proses pembelajaran dilakukan secara menyeluruh yaitu pre test, proses pembelajaran, dan pos test. Evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh guru digunakan sebagai dasar kenaikan kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pembelajaran kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2013 08:08
Last Modified: 22 Oct 2021 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26397

Actions (login required)

View Item View Item