Pengelolaan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika Di SMP Semesta Bilingual Boarding School/BBS Semarang

Muh. Sibaweh, Muh. Sibaweh and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Drs. H. Maryadi, M.A (2013) Pengelolaan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika Di SMP Semesta Bilingual Boarding School/BBS Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (537kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (691kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (278kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
05._Daftar_Pustaka.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Lampiran)
06._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum Matematika di SMP Semesta Bilingual Boarding School/BBS Semarang yang terdiri: (1) Landasan Penyusunan Kurikulum, (2) Penyiapan Kurikulum, (3) Penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM), (4) Pelaksanaan Pembelajaran, dan (5) Evaluasi Kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian etnografi (etnography studies) di mana etnografer dalam menyimpulkan berdasar pada: yang dikatakan orang, cara orang bertindak, bukti yang digunakan orang. Menggunakan sumber data dokumen, buku harian, hasil observasi dan wawancara, foto-foto/video yang diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru Matematika. Data yang dianalisis adalah datadata yang terkait dengan pengelolaan kurikulum Matematika di SMP Semesta Bilingual Boarding School/BBS Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kurikulum Matematika diterapkan berdasar pada landasan falsafah, psikologis, dan teknologis, (2) Kurikulum Matematika disusun berdasarkan SNP dan dikembangkan dengan penambahan 2 jam pembelajaran yang perencanaannya terdiri atas program tahunan (19 minggu dan 17 minggu). Format atau bentuk prota, promes dan silabus Matematika ketiganya tergabung dalam satu bentuk perangkat khusus yang berisikan source/reference, material, definition, method, example dan homework, (3) Penyiapan SDM guru untuk Matematika melalui tahap seleksi sekolah, magang selama 3 bulan di sekolah dan 1 tahun di Turki. Guru Matematika adalah lulusan S1 Matematika UPI Bandung. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan mata pelajaran dan yang bersangkutan pernah mengikuti berbagai workshop dan pelatihan. (4) Proses pembelajaran sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris dan mengacu pada komponen-komponen: tujuan pembelajaran, materi atau isi, strategi atau metode, media/sarana dan prasarana, serta penilaian, yang kesemuanya telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur. (5) Evaluasi pada kurikulum Matematika memperlihatkan keadaan yang positif, hanya saja kreativitas dan pelayanan ke siswa belum begitu optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kurikulum, pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2013 07:50
Last Modified: 22 Oct 2021 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item View Item