Pola Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Dalam Standar Proses Dan Standar Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di SMP Negeri 4 Pacitan

Karyawati, Karyawati and , Dr. Eko Supriyanto, M.Hum. and , Dr. Ahmad Fathoni, M. Pd., (2013) Pola Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Dalam Standar Proses Dan Standar Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di SMP Negeri 4 Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Manajemen sekolah merupakan suatu kegiatan yang memiliki nilai filosofi tinggi guna mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Pada hakekatnya upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan. Keberhasilan pencapaian tersebut akan tampak dari beberapa faktor sebagai indikator kinerja yang berhasil dicapai oleh sekolah SMP Negeri 4 Pacitan dengan melakukan kegiatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, dan penilaian. Manajemen mutu terpadu dalam mengelola sekolah tidak terlepas dari strategi pengelolaan sistem pendidikan secara keseluruhan dan berorientasi kepada usaha peningkatan mutu. Dalam hal ini SMP Negeri 4 Pacitan merupakan sekolah yang mampu bersaing dengan sekolah lain, maka pengembangan pendidikan berorientasi pada sistem penjaminan mutu. Manajemen mutu terpadu sangat bermanfaat terhadap dunia pendidikan masa depan, penerapan mutu terpadu secara benar akan menjamin bahwa lembaga pendidikan dapat mengendalikan usahanya. Penerapan mutu terpadu akan memberi petunjuk proses penyelesaian masalah yang masuk akal, bersifat persuasif, mengidentifikasi persoalan dan pertanggungjawaban. Mutu terpadu dapat pula memperbaiki pemikiran masyarakat sekolah dan penghargaan yang membesarkan hati dengan memenuhi karakteristik pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan pada SMP Negeri 4 Pacitan, penentuan tempat penelitian dimaksud, karena SMP Negeri 4 Pacitan merupakan salah satu sekolah SMP yang cukup representatif dikabupaten Pacitan dalam arti semua elemen yang berada dalam sekolah secara umum sudah terpenuhi sesuai dengan standart umum bagi sekolah SMP. Pola penerapan mutu terpadu dalam standart proses dan standart tenaga pendidik dan kependidikan yang dilakukan, proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam pengelolaan yang mendasar dalam mewujudkan mutu pendidikan yang baik. Kompetensi standar tenaga pendidik dan kependidikan merupakan seperangkat yang harus dimiliki berdasarkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dihayati, dan dikuasasi oleh pendidik dalam melaksanakan tugas keprofesionalan dalam rangka menerapkan strategi manajemen mutu terpadu yang dapat berkembang di SMP Negeri 4 Pacitan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, manajemen mutu, terpadu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2013 07:24
Last Modified: 22 Oct 2021 03:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26391

Actions (login required)

View Item View Item