Kontribusi Kebijakan Pimpinan, Kompetensi Dosen, Dan Pelayanan Karyawan Terhadap Penjaminan Mutu Internal Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah BIMA-NTB

Iksan, Iksan and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrusno (2013) Kontribusi Kebijakan Pimpinan, Kompetensi Dosen, Dan Pelayanan Karyawan Terhadap Penjaminan Mutu Internal Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah BIMA-NTB. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (628kB)
[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (854kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (385kB)
[img]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf

Download (583kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (353kB)
[img] PDF (Lampiran)
Daftar_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penjaminan mutu internal dapat diukur dengan indikator dari kebijakan pimpinan, kompetensi dosen dan pelayanan karyawan. Ketiga indikator tersebut dapat mempertipis kesenjangan antara harapan dengan layanan jasa yang diberikan dan tingkat kepuasan mahasiswa atas ketiga indikator itu dapat diukur dengan membandingkan antara harapan siswa terhadap penjaminan mutu internal terhadap yang diinginkannya dengan kenyataan yang diterimanya. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan atau kontribusi kebijakan pimpinan, kompetensi dosen dan pelayanan karyawan terhadap mutu internal dan apa dampaknya terhadap kepuasan mahasiswa. Data mengenai kebijakan pimpinan, kompetensi dosen, pelayanan karyawan, mutu internal dan kepuasan mahasiswa dikumpulkan melalui dokumentasi dan angket. Responden pada penelitian ini diambil sebanyak 100 orang mahasiswa di dua perguruan tinggi yaitu STIH Muhammadiyah dan STAI Muhammadiyah Bima berdasarkan metode proportional stratified random sampling yang terdistribusi secara proporsional pada setiap tingkatan semester. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik Path Analysis dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan antara penjaminan mutu internal, kebijakan pimpinan, dan pelayanan karyawan dengan kepuasan mahasiswa memiliki kontribusi kausal yang positif kecuali kompetensi dosen terhadap kepuasan mahasiswa memiliki kontribusi kausal yang negatif. Begitupun juga antara kebijakan pimpinan, kompetensi dan pelayanan karyawan terhadap kepuasan memiliki kontribusi kausal yang positif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan pimpinan, Kompetensi dosen, Pelayanan Karyawan, Mutu internal, kepuasan mahasiswa, kontribusi dan path analysis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2013 06:26
Last Modified: 22 Oct 2021 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item View Item