Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Pendidikan Berbasis Karakter Di SD Aisyiyah Unggulan Gemolong Kabupaten Sragen

Khomsiatun, Khomsiatun and , Dr. Suyatmini, M.Si and , Drs. Syamsudin, M.M. (2013) Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Pendidikan Berbasis Karakter Di SD Aisyiyah Unggulan Gemolong Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) transparansi dan akuntabilitas dalam penyusunan RKS dan RKAS; (2) transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan program kegiatan dan anggaran sekolah ; dan (3) transparansi dan akuntabilitas dalam pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan dan anggaran sekolahdi SD Aisyiyah Unggulan Gemolong Kabupaten Sragen. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan strategi etnografi. Dalam menentukan subyek penelitian, peneliti memakai purposive sampling dan snow ball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara etnografi, observasi, dokumentasi atau catatan dan rekaman wawancara. Penelitian dilaksanakan di SD Aisyiyah Unggulan Gemolong Kabupaten Sragen mulai bulan Januari 2013 sampai dengan bulan April 2013. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan tehnik: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, trianggulasi data, dan member check. Teknik analisa data berpedoman pada teknik analisis etnografi dalam versi Spradley. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis untuk dikembangkan berdasarkan apa yang diberikan oleh informan dengan menggunakan analisis kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah RKS dan RKAS disusun oleh team terdiri dari : kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian akademik, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, guru, tenaga administrasi, komite sekolah, orang tua /wali murid dan dikdasmen PCA Gemolong (nilai demokratis), RKAS dibahas dalam rapat pleno awal tahun dan disahkan oleh kepala sekolah, komite, bendahara dan Dikdasmen PCA Gemolong (nilai kejujuran dan bertanggung jawab). Partisipasi orang tua wali dalam pelaksanaan program sangat mendukung untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta berdampak pada peningkatan prestasi sekolah, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas mengandung nilai karakter terhadap sesama (demokratis), nilai karakter diri sendiri (kejujuran, bertanggung jawab). Pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan seminggu sekali dan evaluasi global dilaksanakan setiap akhir tahun dengan melibatkan semua guru dan karyawan , disampaikan kepada orangtua wali murid.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: transparansi, akuntabilitas, nilai karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2013 06:13
Last Modified: 22 Oct 2021 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26378

Actions (login required)

View Item View Item