Profil Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Berbasis Penilaian Kinerja (Studi Situs SMP Negeri 1 Cawas Klaten)

Sugiarto, Sugiarto and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Profil Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Berbasis Penilaian Kinerja (Studi Situs SMP Negeri 1 Cawas Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Sugiarto.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_Sugiarto.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_Sugiarto.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI_Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_Sugiarto.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Sugiarto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ada dua: 1) Karakteristik profil kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kurikulum di SMP Negeri 1 Cawas, 2) Karakteristik profil pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik di SMP Negeri 1 Cawas. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru serta komite sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Karakteristik profil kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan kurikulum di SMP Negeri 1 Cawas dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, misalnya pendidikan dan pelatihan, workshop, dan bimbingan teknis; 2) Karakteristik profil pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik di SMP Negeri 1 Cawas dilaksanakan oleh guru melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center learning) Dari kesimpulan tersebut, peneliti menawarkan program pengembangan kompetensi pedagogik berupa mengaktifkan kegiatan MGMP Sekolah pada semua mata pelajaran dan menyelenggarakan in house training untuk menjembatani kompetensi pedagogik pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan tahapan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi pembelajaran yang dikembangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, dan kenyataannya di lokasi penelitian masih pasif, dan perlu diaktifkan secara maksimal, karena daya dukungnya menunjang dan memadai, baik dari segi sumber daya guru, alokasi dana, sarana prasarana, dan daya dukung komite sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, pengembangan kurikulum, pengembangan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2013 11:35
Last Modified: 21 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26367

Actions (login required)

View Item View Item