Penanaman Dan Pengembangan Karakter Antikorupsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia(Studi Situs SMP Negeri 1 Cawas Klaten)

Supartini, Chatarina and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2013) Penanaman Dan Pengembangan Karakter Antikorupsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia(Studi Situs SMP Negeri 1 Cawas Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Bab_1_Chatarina_S.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab_2_Chatarina_S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab_3_Chatarina_S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab_4_Chatarina_S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab_5_Chatarina_S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (BAB VI)
Bab_6_Chatarina_S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_Chatarina_S.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Surat_Pernyataan_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (307kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: 1) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai inti karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia; 2) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai gaya hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia; dan 3) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai inti karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu guru memiliki tugas mengimplementasikan dalam pembelajaran dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari, seperti beribadah, jujur, dan tanggung jawab, disiplin waktu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya yang akhirnya mampu membentuk karakter antikorupsi di kalangan siswa; 2) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai gaya hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari misalnya mandiri, gemar membaca, cinta damai, cinta tanah air, guru mengamati perkembangan dan perubahan perilaku siswa yang lebih baik, dan 3) Penanaman dan pengembangan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran bahasa Indonesia misalnya peduli sosial, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi, toleransi, peduli lingkungan, semangat kebangsaan, melakukan evaluasi yang terorganisasi, terpadu, dan berkelanjutan sehingga dapat memotivasi meningkatkan kualitas kinerjanya dalam penanaman dan pengembangan nilai-nilai sikap dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: karakter, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2013 08:06
Last Modified: 20 Oct 2021 02:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item