Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Dasar Di SD Negeri 1 Sirahan Dan SMP Negeri 2 Salam Kabupaten Magelang Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010

Kurniati, Anif Yulin and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd and , Dr. Samino, M.M. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Dasar Di SD Negeri 1 Sirahan Dan SMP Negeri 2 Salam Kabupaten Magelang Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (827kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab VI)
7._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Pengelolaan pembelajaran merupakan suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerjasama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya, agar efektif dan efisien. Pembelajaran dapat berjalan dengan semestinya jika antara siswa, guru, dan lingkungan belajar saling mendukung. Secara umum penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik pengelolaan pembelajaran pendidikan dasar di SD Negeri 1 Sirahan dan SMP Negeri 2 Salam Pasca Erupsi Merapi Tahun 2010. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah 1). mendeskripsikan karakteristik siswa dalam belajar, 2). mendeskripsikan karakteristik aktivitas guru dalam mengajar, 3). mendeskripsikan karakteristik sarana dan prasarana sekolah pasca erupsi Merapi tahun 2010. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian etnografi yang mengambil lokasi di SD Negeri 1 Sirahan dan SMP Negeri 2 Salam Kabupaten Magelang. Sumber data dalam penelitian adalah dokumen, hasil wawancara kepada nara sumber, rekaman suara maupun gambar atau foto. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa SD Negeri 1 Sirahan dan SMP Negeri 2 Salam Kabupaten Magelang. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis, direduksi , disusun penyajian data, dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut : 1). Aktivitas siswa dalam belajar pasca erupsi Merapi dapat berjalan dengan optimal jika lingkungan belajar kondusif. 2). Aktivitas guru dalam mengajar pasca erupsi Merapi dapat berjalan dengan optimal jika lingkungan mengajar kondusif. 3). Sarana prasarana sekolah pasca erupsi Merapi menunjang proses belajar mengajar jika cepat dibangun lagi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, pendidikan dasar, erupsi Merapi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2013 05:27
Last Modified: 21 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26355

Actions (login required)

View Item View Item