Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Di Sekolah Menengah Kejuruan

Budiyati, Sri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2013) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Di Sekolah Menengah Kejuruan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan engelolaan pembelajaran matematika berbasis kontekstual di SMK Negeri 3 Klaten yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (2) mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis kontekstual di SMK Negeri 3 Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, data penelitian tentang pengelolaan pembelajaran matematika kontekstual dan kendala pelaksanaannya dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan dan studi dokumentasi. Kesimpulan penelitian : (1) Perencanaan pembelajaran matematika dilaksanakan diawal tahun pembelajaran dengan menyiapkan silabus dan RPP, (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika kontekstual di SMK Negeri 3 Klaten belum optimal, (3) Penilaian tidak hanya menilai hasil akhir tetapi juga menilai prosesnya. Pelaksanaan pembelajaran matematika belum optimal terkendala dengan : (1) Guru belum sepenuhnya memahami dan menguasai pembelajaran yang kontekstual, (2) Guru kesulitan pada saat mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi kehidupan yang sudah dikenal oleh siswa, (3) Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah, meskipun guru telah mengetahui berbagai macam metode pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, pembelajaran matematika, kontekstua
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Sep 2013 12:58
Last Modified: 21 Oct 2021 05:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26352

Actions (login required)

View Item View Item