Pengelolaan Pembelajaran Keterampilan Sosial Pada Mata Pelajaran Ips (Studi Situs Di SMP Negeri 1 Boyolali)

Dariyanti, Dariyanti and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2013) Pengelolaan Pembelajaran Keterampilan Sosial Pada Mata Pelajaran Ips (Studi Situs Di SMP Negeri 1 Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RRR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (510kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (985kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (324kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9R._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan karakteristik materi pembelajaran keterampilan sosial siswa pada mata pelajaranan IPS (2) Mendiskripsikan karakteristik interaksi pembelajaran keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS. (3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini adalah kualitatif yang dilaksanakan mulai bulan 21 november sampai 3 desember 2013 metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi 1) pengumpulan data, 2) reduksi data , 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: 1) ruang lingkup pembelajaran berada dalam empat variabel yaitu guru, siswa, proses pembelajaran, dan produk berupa perkembangan prestasi siswa. Guru harus dapat mengelola empat variabel tersebut agar proses latihan dengan lancar. Pengembangan pengelolaan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. 2) proses interaksi dalam pembelajaran keterampilan sosial siswa mata pelajaran IPS di SMPN1 Boyolali terdiri dari tindak mengajar. Tindak mengajar dan strategi pelaksanaan. Tindak mengajar adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam kegiatan belajar yang dilakukan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar IPS. Dalam tindak mengajar dan belajar, siswa dan guru saling bekerjasama dan mendukung sehingga proses kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik. 3) penilaian pembelajaran keterampilan sosial siswa mata pelajaran IPS di SMPN 1 Boyolali meliputi jenis, teknik dan bentuk instrumen. Menurut jenisnya penilaian IPS ada yang per siswa atau individu dan ada yang penilaian kelompok. Penilaian itu sendiri berupa tertulis dan tugas

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran, keterampilan sosial
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 12:40
Last Modified: 21 Oct 2021 04:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item View Item