Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di Asrama

Purwaningsih, Sri (2013) Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di Asrama. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
00_hal_depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_bab_satu.pdf

Download (337kB)
[img] PDF (Bab II)
02_bab_dua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (Bab III)
03_bab_tiga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_bab_empat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] PDF (Bab V)
05_bab_lima.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_pstaka.pdf

Download (317kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dan kemandirian dengan penyesuaian diri siswa di asrama. Subyek penelitian adalah siswa SMA MTA Surakarta kelas X yang berjumlah 120 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil perhitungan analisis di peroleh nilai korelasi R = 0,800; Fregresi = 103,694; p = 0,000 (p<0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dan kemandirian dengan penyesuaian diri siswa di asrama. Juga ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan penyesuaian diri siswa di asrama. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi rxly sebesar 0,539 dengan p= 0,000 (p<0,01). Dan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kemandirian dengan penyesuaian diri siswa di asrama, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien rxly sebesar 0,798 dengan p = 0,000 (p < 0,01). Berdasarkan analisis lebih lanjut ditemukan bahwa pola asuh demokratis dan kemandirian siswa putri lebih tinggi daripada siswa putra tetapi tidak ditemukan perbedaan penyesuaian diri pada siswa yang sebelumnya pernah tinggal di asrama dengan siswa yang belum pernah tinggal di asrama. Hasil penelitian menunjukkan sumbangan efektif variabel pola asuh demokratis dan kemandirian terhadap penyesuaian diri siswa di asrama sebesar 63,9% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (R2) 0,639. Hal ini berarti terdapat 36,1 % variabel lain yang mempengaruhi penyesuaian diri siswa di asrama

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis, kemandirian, penyesuaian diri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 11:21
Last Modified: 26 Sep 2013 11:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26330

Actions (login required)

View Item View Item