Hubungan Antara Layanan Bimbingan Konseling Dan Kemampuan Penyesuaian Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa

Maryono, Maryono and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. (2013) Hubungan Antara Layanan Bimbingan Konseling Dan Kemampuan Penyesuaian Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF ( Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF ( Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (302kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai oleh siswa dalam belajarnya. Namun prestasi belajar yang diperoleh siswa kadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, masih banyak anak didik yang tidak dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Layanan bimbingan konseling bertujuan membantu siswa agar dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi pada saat ini maupun di masa yang akan datang. Sedang kemampuan penyesuaian diri bertujuan untuk mendapatkan hubungan yang lebih baik, serasi atau seimbang antara diri dan lingkungan/keadaan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan konseling, kemampuan penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara layanan bimbingan konseling,kemampuan penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 7 SMP Negeri 3 Surakartatahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, skala layanan bimbingan konseling dan kemampuan penyesuaian diri, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,513, Fregresi = 48,430; p = 0,000 <0,05, hal ini berarti hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada hubungan positif antara layanan bimbingan konseling, dan kemampuan penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan konseling dan kemampuan penyesuaian diri mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan prestasi belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan dan konseling, kemampuan penyesuaian diri dan prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 11:04
Last Modified: 25 Oct 2021 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26326

Actions (login required)

View Item View Item