Pemerolehan Bahasa Bidang Morfologi Dan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Muntilan Kabupaten Magelang

Murniningsih, Murniningsih (2013) Pemerolehan Bahasa Bidang Morfologi Dan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Muntilan Kabupaten Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (701kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha memecahkan masalah; bagaimana pemerolehan bahasa bidang fonologi, morfologi, dan sintaksis anak usia 5-6 tahun? Tujuan diadakan penelitian adalah mendeskripsikan pemerolehan bahasa bidang fonologi, morfologi, dan sintaksis anak usia 5-6 tahun.Penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kualitatif adalah memotret pemerolehan bahasa anak usia 5-6 tahun serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa tersebut. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antarfenomena yang diamati, dengan penggunaan logika ilmiah.Masalah terpecahkan dengan teori kebahasaan. Berdasarkan data dan pembahasan, penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pemerolehan bahasa bidang fonologi anak usia 5-6 tahun mampu memfungsikan delapan titik artikulasi dengan baik untuk memproduksi konsonankonsonan dalam bahasa Indonesia. Anak didik telah mampu memproduksi vokal a, i, u, e, o dengan jelas.(2) Bidang morfologi, anak memiliki kemampuan menggunakan berbagai bentuk kata seperti: bentuk kata asal, bentuk kata berimbuhan, bentuk kata ulang. untuk berkomunikasi atau bercerita dengan teman-teman sebayanya. Adapun untuk bentuk kata majemuk sedikit ditemukan pada kosa kata yang digunakan anak ketika bercerita kepada teman-temannya.(3) Bidang sintaksis, anak telah mampu menyusun kalimat dengan pola tertentu yang lazim digunakan penutur berbahasa Indonesia secara umum, misalnya pola urutan fungsi SP, SPO, dan SPOK. Anak telah memiliki kemampuan bertutur dengan pola urutan bentuk frase, FN + FV, FN + FAd, FN + FA, dan FN + FNum.Potensi kebahasaan masing-masing anak yang menjadi informan dapat diidentifikasikan bahwa Jika dibuat peringkat berdasarkan kompetensi yang dicapai masing-masing informan, peringkat pertama informan 1, peringkat kedua informan 2 dan 3, peringkat ketiga informan 6, dan peringkat keempat informan 4 dan 5

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pemerolehan, bahasa, fonologi, morfologi, sintaksis, anak usia 5-6 tahun
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 05:30
Last Modified: 26 Sep 2013 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

View Item View Item