Pengembangan Fasilitas Wisata Pada Kawasan Industri Seni Ukir Di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara (Pendekatan Islami)

Yudha S., Galih Gusti and , Ir. Widyastuti Nurjayanti, M.T. and , Ir. Indrawati, M.T. (2013) Pengembangan Fasilitas Wisata Pada Kawasan Industri Seni Ukir Di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara (Pendekatan Islami). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (951kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Mulyoharjo terletak di Kabupaten Jepara yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah memiliki lanskap budaya (cultural landscape) dan sejarah (historical landscape) dengan nilai serta keragaman yang tinggi, baik yang terkait dengan perjalanan kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakatnya. Disektor industri kerajinan meubel dan ukir Jepara, Kabupaten Jepara sangat berpotensi untuk dijadikan salah satu tujuan daerah wisata industri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara serta diharapkan akan menjadi “icon”nya Jepara sebagai Kota Ukir.Dalam islam seni patung di haramkan karena patung sering di artikan berhala (barang yang di sembah). Oleh sebab itu seni patung Mulyoharjo di arahkan menuju seni dekoratif islami secara bertahab karena di desa tersebut mayoritas memeluk agama islam. Seni patung yang di maksud adalah seni patung makhluk hidup selain tumbuh tumbuhan. Dari berbagai lokasi desa Mulyoharjo yg paling berpontesi untuk di kembangkan sebagai kawasan wisata industri. Karena Desa Mulyoharjo merupakan salah satu wujud dan bentuk nyata industri kreatif yang mengedepankan talenta, toleransi dan teknologi. Selain itu desa mulyoharjo merupakan asal mula adanya ukiran di jepara. Kurang maksimalnya pewadahan dan fasilitasnya dan kurang berkembang dalam bidang hasil indrustri, karena kemampuan untuk mengintegrasikan daya kreatifitas masyarakat mulyoharjo sangat minim. Maka di perlukan suatu wadah dan strategi untuk pengembangan kawasan wisata industri ukir dan patung mulyoharjo agar dapat berkembang dan maju. Di harapkan adanya perancangan dan perencanaan ini dapat membuat kawasan wisata industri seni ukir Desa Mulyoharjo yang mempunyai fasilitas penunjang dan juga perencanaan dan perancangan ini dapat meningkatkan daya kreatifitas serta karya – karya yang di hasilkan tidak melangar kaidah kaidah islami

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wisata Industri, Seni Ukir, Desa Mulyoharjo
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 13:00
Last Modified: 05 Nov 2021 12:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26294

Actions (login required)

View Item View Item