Implementasi Program Bimbingan Konseling Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Dan Implikasinya Terhadap Manajemen Madrasah (Studi Kasus Di Kelas V MI Negeri Jetis Sukoharjo Tahun 2012/2013)

QOMAR, Syaeful and , Dr.Syamsul Hidayat, M.Ag and , Dr.ArI Anshori, M.Ag (2013) Implementasi Program Bimbingan Konseling Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Dan Implikasinya Terhadap Manajemen Madrasah (Studi Kasus Di Kelas V MI Negeri Jetis Sukoharjo Tahun 2012/2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (872kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (405kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (319kB)

Abstract

Implementasi Bimbingan Konseling Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Dan Implikasinya Terhadap Manajemen Madrasah (Studi Kasus di Kelas V MI Negeri Jetis Tahun 2012/2013). Tesis Syaeful Qomar. NIM O 100 110 018. Program Studi Magister Pendidikan Islam. Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tahun 2013. Sebagai suatu lembaga pendidikan formal, sekolah bertanggungjawab untuk mendidik dan menyiapkan siswa agar berhasil menyesuaikan diri di masyarakat dan mampu memecahkan berbagai masalah yang dihadapinya. Namun, di beberapa sekolah banyak terjadi permasalahan dalam kegiatan pembelajaran yang muncul seperti; perbedaan kecepatan individu dalam menerima pelajaran, sering berkelahi, ada yang cerdas, ada yang berbakat dalam bidang tertentu, dan lain sebagainya. Perbedaan-perbedaan ini sering kali banyak menimbulkan masalah-masalah baik bagi siswa itu sendiri maupun lingkungan (Surya, 1998: 15). Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jetis Sukoharjo ditemukan beberapa kasus siswa yaitu adanya siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah. ekspresi emosi anak dimunculkan dengan cara marah, gelisah, atau takut dan tidak mampu menahan emosinya tersebut. Bimbingan dan Konseling Islami merupakan salah satu solusi untuk meninngkatkan kecerdasan emosi siswa di MI Negeri Jetis Sukoharjo Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1.) Mengetahui profil kecerdasan emosi siswa kelas V MI Negeri Jetis Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013; 2.) Mengetahui Implementasi Program Bimbingan Konseling Islami untuk meningkatkan kecerdasan emosi di kelas V MI Negeri Jetis Sukoharjo tahun pelajaran 2012/2013; 3.) Mengetahui implikasi dari implementasi Program Bimbingan Konseling Islami pada manajemen Madrasah di MI Negeri Jetis, Sukoharjo tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research yang bertempat di MI Negeri Jetis sebagai kancah studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1.) Dengan adanya Program Bimbingan dan Konseling Islami membuat siswa mampu mengelola emosi diri dengan baik; 2.) Implemantasi Program Bimbingan dan Konseling Islami di MI Negeri Jetis sukoharjo cukup efektif meningkatkan kecerdasan emosi siswa; 3.) Efektivitas penerapan program Bimbingan dan Konseling Islami di MI Negeri Jetis mempunyai implikasi pada manajemen di Madrasah yang mencakup: kebijakan madrasah, peran Kepala Madrasah, Profesionalitas guru kelas dan guru bidang studi, pendayagunaan lingkungan dan sumber daya masyarakat, dan kesiapan siswa dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islami, Kecerdasan Emosi dan Manajemen Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 12:32
Last Modified: 26 Oct 2021 01:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26283

Actions (login required)

View Item View Item