Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Mi Negeri Dan Mi Swasta Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara

ISNAINI , LAELI NUR (2012) Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Mi Negeri Dan Mi Swasta Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (669kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (359kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAF_PUS.pdf

Download (450kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Naaskah pblikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman para guru dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Penerapannya pada Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar anak dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk endeskripsikan Pengembangan Kurikulum dan Penerapannya di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif , lokasi penelitian di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara yang dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Desember 2011. Pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara (Tanya jawab), dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif mengikuti konsep Miles dan Huberman dan Spradley yaitu dengan data reduction, data display, dan verification . Hasil penelitian pada observasi pengembangan silabus KTSP di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara belum dikembangkan sendiri, dan Pengembangan bahan ajar KTSP di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara kurang menguasai bahan ajar karena sumber bahan ajar masih dititikberatkan pada buku teks dan LKS, namun pada pengembangan RPP KTSP di MI Negeri dan MI Swasta Kecamatan Madukara sudah cukup baik walaupun masih banyak para guru yang memiliki RPP copy paste, sehingga penerapan KTSP dalam pembelajaran PAI belum sesuai dengan desain dalam RPP . Sehingga diharapkan penelitian ini dapat memberi masukan bagi praktisi pendidikan untuk memahami KTSP secara mendalam, melihat potensi sekolahnya dan melakukan perubahan sedikit demi sedikit sesuai dengan tuntutan kurikulum baru sehingga dapat menerapkan dan mengaktualisasikan kurikulum tersebut dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Agama, Islam, Kurikulum .
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 12:19
Last Modified: 27 Sep 2013 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26276

Actions (login required)

View Item View Item