Konsep Pendidikan Menurut Imam Al-Ghozali Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Integritas Di Indonesia

Muttaqien, Dosis Ahad and , Dr.Muindinillah Basri, M.A and , Dr.Amir Mahmud,M.Ag (2013) Konsep Pendidikan Menurut Imam Al-Ghozali Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Integritas Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (442kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

Pendidikan nasional bukan hanya belum berhasil meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan anak didik, melainkan gagal dalam membentuk integritas. Pendidikan integritas hingga saat ini dan bahkan sampai kapapun tetap layak dan patut untuk diusahakan, bahkan sangat mendesak memandang masih berkelanjutannya berbagai krisis yang melanda bangsa dan negara Indonesia. Keunggulan dan semakin tingginya tingkat intelektualitas peserta didik belum seiring sejalan dengan tingkatan emosi, spiritual dan moral peserta didik, baik dalam lingkup sekolah maupun masyarakat. Imam Al-Ghozali adalah tokoh yang kontroversial oleh karena pemikiran-pemikiran yang dilontarkannya. Sebagian orang memuji al-ghozali karena dia merupakan tokoh yang berjasa besar dalam membela Islam, mempersatukan ummat dan menyelamatkan mereka dari konflik-konflik yang berkepanjangan antara golongan ahli fiqh, ahli tasawwuf dan ahli kalam, sehingga al-ghozali diberi gelar Hujjatul Islam (pembela agama Islam), Mujaddid (pembaharu). Permasalahan dalam penelitian ini adalah, 1) Apa pengertian dan hakekat pendidikan menurut Imam Al-Ghozali? 2) Bagaimana pendidikan menurut tokoh filosof muslim Imam Al-Ghozali dalam membangun integritas manusia? 3)Bagaimana metode pendidikan integritas berbasis pemikiran Imam Al-Ghozali dapat diterapkan pada pribadi manusia?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pemikiran atau konsep Al-Ghozali yang berhubungan dengan pendidikan; 2) Melihat sejauh mana konsep pendidikan menurut Al-Ghozali tersebut dapat mempengaruhi integritas diri; 3)Merumuskan konsep pendidikan yang selaras dengan perkembangan pendidikan integritas. Metode yang digunakan dalam pembahasan adalah metode deskriptif-inferensial, deduktif dan induktif. Data yang diperlukan dalam studi ini digali dari sumber pokok dengan jalan membaca, mempelajari dan menelaah secara mendalam apa yang terkandung dalam karya-karya Al-Ghozali yang ada kaitannya dengan pendidikan tentang pemikiran pendidikan yang di integrasikan dengan pendidikan integritas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa menurut Imam Ghazali seseorang sudah memahami tentang ta’at dan ibadah kepada Allah, maka orang tersebut telah menangkap maknanya ilmu, sudah mempunyai kuncinya ilmu. pendekatan diri kepada Allah merupakan tujuan pendidikan. Adapun aspekaspek pendidikan yang dapat membangun integritas manusia menurut Al-Ghazali tersebut adalah aspek pendidikan keimanan, akhlak, akliah, sosial dan jasmaniah. macam-macam metode pendidikan berbaasis pemikiran Imam Al-Ghozali dapat diterapkan pada pribadi manusia adalah metode teladan, kisah-kisah, nasihat, pembiasaan, hukum dan ganjaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Integritas, Al Ghozali.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 11:38
Last Modified: 25 Oct 2021 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26270

Actions (login required)

View Item View Item