Perbedaan Pola Makan Dan Kadar Hemoglobin Antara Ibu Hamil Primigravida dengan Ibu Hamil Primigravidamuda di PUSKESMAS Selo Kabupaten Boyolali

Widiutami, Harning and , Muwakidah, S.KM, M.Kes and , Dyah Widowati, SKM (2013) Perbedaan Pola Makan Dan Kadar Hemoglobin Antara Ibu Hamil Primigravida dengan Ibu Hamil Primigravidamuda di PUSKESMAS Selo Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)

Abstract

Pendahuluan : Hampir 50% perempuan Indonesia menikah pertama di bawah usia 19 tahun. Perkawinan muda terjadi pada perempuan di pedesaan, berpendidikan rendah, berstatus ekonomi miskin, kelompok tani, nelayan dan buruh. Perkawinan usia muda menimbulkan risiko kematian ibu saat melahirkan dan risiko kematian pada anak yang dilahirkan . Di Indonesia prevalensi anemia defisiensi besi ibu hamil 50,5%, remaja putri usia 10-18 tahun 57,1% dan usia 19-45 tahun 39,5%. Hasil survey anemia ibu hamil di Puskesmas Selo tahun 2012 sebesar 56,7% ibu hamil mengalami anemia. Tujuan: Menganalisis perbedaan pola makan dan kadar hemoglobin antara ibu hamil primigravida dengan ibu hamil primigravida muda di Puskesmas Selo Kabupaten Boyolali. MetodePenelitian : Jenis penelitian adalah observasional dengan desain cross sectional. Subjek penelitian sebanyak 70 ibu hamil primigravida dan primigravida muda yang dipilih secara simple random sampling. Kadar hemoglobin diukur menggunakan metode hemometer dengan alat hemocue. Analisis statistik menggunakan uji chi square dan independen sample t-test. Hasil : Status anemia subjek penelitian adalah 45,7%. Rata -rata kadar hemoglobin ibu hamil primigravida adalah 11.16 ± 1.11 gr% dan ibu hamil primigravida muda adalah 10.66 ± 1.64 gr%. Analisis statistik menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan jenis makanan subjek penelitian (p=0.039), tidak ada perbedaan frekuensi makan subjek penelitian (p=0.771), tidak ada perbedaan kadar hemoglobin subjek penelitian di Puskesmas Selo Kabupaten Boyolali (p=0.136). Kesimpulan : Terdapat perbedaan jenis makanan subjek penelitian dan tidak terdapat perbedaan frekuensi makan dan kadar hemoglobin ibu hamil primigravida dengan ibu hamil primigravida muda di Puskesmas Selo Kabupaten Boyolali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola makan, Kadar hemoglobin , ibu hamil primigravida, ibu hamil primigravida muda
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 06:30
Last Modified: 13 Sep 2022 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26238

Actions (login required)

View Item View Item