Optimasikombinasi Matrikshidroksipropil Metilselulosa Dan Natrium Alginat Untuk Formula Tablet Kaptopril Lepas Lambat Sistem Floating

Prastiyo, Agus and , Dr. TN Saifullah Sulaiman, M.Si., Apt. and , Suprapto, M.Sc., Apt (2013) Optimasikombinasi Matrikshidroksipropil Metilselulosa Dan Natrium Alginat Untuk Formula Tablet Kaptopril Lepas Lambat Sistem Floating. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Obat antihipertensi yang bekerja dengan menghambat Angiotensin Converting Enzyme (ACE) dan juga menghambat pembentukan angiotensin II adalah kaptopril, sehingga kaptopril dipilih sebagai zat aktif dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kombinasi matriks hidroksipropil metilselulosa (HPMC) dan natrium alginat terhadap sifat fisik serta profil disolusi yang diperoleh pada masing-masing formula, dengan metode simplex lattice design didapatkan formula yang optimal. Metode granulasi basah digunakan sebagai metode pembuatan tablet dengan perbandingan HPMC dan natrium alginat. Perbandingan formula F1 (100:0)%, F2 (75:25)%, F3 (50:50)%, F4 (25:75)% dan F5 (0:100)%. Tahab pengujian tablet menggunakan parameter pemeriksaan sudut diam, keseragaman bobot, kekerasan tablet, kerapuhan tablet, keseragaman kandungan, floating lag time (FLT) dan kecepatan disolusi. Analisis data menggunakan program Design Expert® 8.0.5 Trial Simplex Lattice Design. Hasil analisis data menunjukkan semakin banyak jumlah HPMC kerapuhan tablet dan kecepatan disolusi tablet meningkat, sedangkan semakin banyak natrium alginat sudut diam, kekerasan tablet dan floating lag time akan meningkat. Hasil optimasi HPMC dan natrium alginat didapatkan F5 menghasilkan respon tertinggi dengan perbandingan HPMC : natrium alginat (0 :100%) atau HPMC 188 mg dan natrium alginat 19 mg.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kaptopril, HPMC, natrium alginat, floating
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Sep 2013 09:04
Last Modified: 21 Oct 2021 03:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26219

Actions (login required)

View Item View Item