Optimasi Formula Tablet Hisap Ekstrak Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa [Scheff.] Boerl) Menggunakan Campuran Pengisi Xilitol-Laktosa Dengan Metode Simplex Lattice Design

Kurnianingtyas, Dyah Anita and , Drs. Mufrod M.Sc., Apt. and , Suprapto, M.Sc., Apt (2013) Optimasi Formula Tablet Hisap Ekstrak Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa [Scheff.] Boerl) Menggunakan Campuran Pengisi Xilitol-Laktosa Dengan Metode Simplex Lattice Design. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa [Scheff.] Boerl) memiliki senyawa dominan dengan gugus fenol dan kerangka benzofenon serupa dengan 4’,6- dihidroksi-4-metoksi-benzofenon-2-O-glukosida (Mariani, 2010). Kadar fenolik total dan flavonoid total dalam buah mahkota dewa berkhasiat sebagai antiradang dengan cara menghambat produksi nitrit oksida (NO) pada uji in vitro dengan persentase hambatan 69,5±1,4% dan 63,4±2,7% (Hendra et al., 2011). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi xilitol-laktosa terhadap sifat fisik tablet dan untuk menghitung proporsi optimum xilitol-laktosa yang dapat menghasilkan tablet hisap dengan karakteristik fisik yang baik. Tablet hisap dibuat dalam 5 formula dengan variasi konsentrasi xilitol-laktosa yang berbeda yaitu F I (0% : 100%), F II (25% : 75%), F III (50% : 50%), F IV (75% : 25%), dan F V (100% : 0%). Hasil uji sifat fisik granul (kecepatan alir, sudut diam, dan kandungan lembab) dan uji sifat fisik tablet (%CV atau keseragaman bobot, kekerasan, dan kerapuhan) yang memenuhi kriteria digabungkan dan dianalisis menggunakan metode optimasi Simplex Lattice Design dengan program Design Expert® 8.0.7.1 (trial) untuk menentukan prediksi titik formula optimum. Analisis data dengan uji statistik ANOVA taraf kepercayaan 95% dilanjutkan uji one sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan variasi konsentrasi yang berbeda-beda pada kombinasi xilitol-laktosa memberikan pengaruh antar formula terhadap kecepatan alir, sudut diam, kandungan lembab, kekerasan dan kerapuhan tablet. Formula optimum berada di titik dengan proporsi xilitol 70,59% dan laktosa 29,41% yang menghasilkan tablet hisap dengan karakteristik fisik yang memenuhi persyaratan. Hasil analisis statisik pada uji kerapuhan diperoleh thitung sebesar -14,000 dengan pvalue 0,005 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara prediksi dengan verifikasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Phaleria macrocarpa [Scheff.] Boerl, xilitol-laktosa, tablet hisap, Simplex Lattice Design
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Sep 2013 08:13
Last Modified: 21 Oct 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26216

Actions (login required)

View Item View Item