Uji Biolarvasida Fraksi Etanol Kulit Batangkaret India (Ficus elastica Nois ex Blume) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles aconitus Dan Aedes aegypti Serta Skrining Fitokimia

Wardani, Shendy Putri Woro and , Arifah Sri Wahyuni, M.Sc., Apt and , Dr. Haryoto, M.Sc (2013) Uji Biolarvasida Fraksi Etanol Kulit Batangkaret India (Ficus elastica Nois ex Blume) Terhadap Larva Nyamuk Anopheles aconitus Dan Aedes aegypti Serta Skrining Fitokimia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

Penelitian sebelumnya yang telah membuktikan bahwa Ficus benghalensis aktif sebagai biolarvasida terhadap larva Anopheles stephensi, Aedes aegypti dan Culex quinquefasciatus. Maka dilakukan penelitian tentang uji biolarvasida fraksi etanol kulit batang Ficus elastica Nois ex Blume terhadap larva Anopheles aconitus dan Aedes aegypti serta skrining fitokimianya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui profil aktivitas biolarvasida dari fraksi etanol kulit batang Ficus elastica Nois ex Blume terhadap larva Anopheles aconitus dan Aedes aegypti. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimental dengan post test with control design. Hewan uji yang digunakan adalah larva Anophelesaconitus dan Aedes aegypti instar III. Fraksi etanol yang digunakan didapat dengan metode partisi cair-cair. Pengujian kromatografi lapis tipis dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawa saponin dan flavonoid dengan diawali uji tabung.Fraksi digunakan untuk uji biolarvasida Uji tabung yang dilakukan menghasilkan, fraksi etanol kulit batang Ficus elastica Nois ex Blume mengandung alkaloid, tannin dan saponin. Uji kromatografi lapis tipis menunjukkan bahwa fraksi etanol kulit batang Ficus elastica mengandung saponin dan flavonoid. Pengamatan uji biolarvasida dilakukan selama 24 jam terhadap larva Anopheles aconitus dan Aedes aegypti yang menghasilkan, fraksi etanol kulit batang Ficus elastica Nois ex Blume tidak berpotensi sebagai biolarvasida.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ficus elastica Nois ex Blume, Biolarvasida, Anopheles aconitus, Aedes aegypti.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Sep 2013 07:49
Last Modified: 21 Oct 2021 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26212

Actions (login required)

View Item View Item