Data Mining Untuk Mengetahui Target Pasar Pada Penjualan Batik Di Kampung Batik Laweyan (Studi Kasus Batik Mahkota Laweyan)

Handoko, Dodik Setyawan and , Husni Thamrin, S.T, M.T, Ph.D and , Yusuf Sulistyo Nugroho, S.T., M.Eng. (2013) Data Mining Untuk Mengetahui Target Pasar Pada Penjualan Batik Di Kampung Batik Laweyan (Studi Kasus Batik Mahkota Laweyan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (832kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Batik Mahkota Laweyan memiliki jenis dan model batik yang bermacam macam, banyak kombinasi jenis dan model yang telah dibuat baik dari pemesanan maupun untuk penjualan di showroom. Data penjualan yang telah dicatat dari hasil penjualan yang telah terkumpul selama ini hanya dijadikan sebagai pendataan barang atau laporan penjualan saja. Oleh karena itu ketersediaan data penjualan yang melimpah tersebut akan dimanfaatkan dalam bentuk analisa data mining sehingga dapat digunakan sebagai pendukung keputusan untuk membuat solusi bisnis yaitu dengan pengimplementasian data mining yang nantinya sebagai analisa pendukung keputusan dalam menentukan target pasar. Penggunaan metode klasifikasi decision tree C.45 yang telah diimplementasikan pada aplikasi weka , atau sering disebut juga dengan decision tree J.48 yaitu klasifikasi pohon keputusan. Penerapan konsep pohon keputusan pada data di batik Mahkota Laweyan yang nantinya digunakan untuk menentukan target pasar berdasarkan jenis batik. Dengan pengimplementasian data mining menggunakan decision tree diketahui bahwa pada bulan Januari, Maret, April, Juni, Agustus, dan November jenis batik print adalah jenis batik yang paling digemari setiap provinsi. Dan pada bulan September dan desember setiap provinsi memilih jenis batik lain seperti tulis dan cap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Algoritma C.45, Weka J.48
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2013 06:42
Last Modified: 02 Nov 2022 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item