Gerakan 3000 Anak Muda Anti Kekerasan Sebagai Pencitraan Radio Prambors (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Persepsi Public Dalam Radio Prambors Solo Periode Maret 2012)

Astanti, Meilta Neliana and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si. (2013) Gerakan 3000 Anak Muda Anti Kekerasan Sebagai Pencitraan Radio Prambors (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Persepsi Public Dalam Radio Prambors Solo Periode Maret 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (733kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

Dewasa ini, kekerasan merupakan hal yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Di kota Solo, misalnya, kerusuhan tahun 1998 merupakan salah satu bentuk kekerasan yang pernah dicatat oleh sejarah. Di sisi lain, salah satu fungsi media massa adalah sebagai lembaga sosial masyarakat yang memiliki kontribusi dalam memerangi tindakan kekerasan. Peralihan penggunaan radio ke televisi berdampak pada perkembangan dan eksistensi radio. Radio Prambors, Solo, pada bulan Maret 2012 mengadakan event dengan tema “#Hits Without Violence, Gerakan 3000 Anak Muda Anti Kekerasan” dalam rangka ulang tahunnya yang ke-41. Dengan segmentasi anak muda, diharapkan mampu membuat persepsi publik yang baik sehingga mencapai citra positif bagi radio Prambors. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi publik mengenai event “#Hits Without Violence” yang diadakan oleh radio Prambors Solo dengan menggunakan media penyampaian pesan melalui gerakan flashmob 3000 anak muda dan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan tersebut dapat membentuk citra positif radio Prambors di kalangan informan internal dan eksternal radio Prambors. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di kota Solo. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan melibatkan 6 informan yang terdiri dari publik internal dan eksternal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi/ kajian pustaka. Untuk menganalisisnya menggunakan analisis data model interaktif Miles & Huberman. Secara umum, kesimpulan dari penelitian ini, publik internal dan eksternal Radio Prambors Solo mempersepsi positif event “#Hits Without Violence”, dan menganggap bahwa kegiatan tersebut sangat menarik terutama karena gerakan flashmob yang ada. Para informan mengaku merasa puas serta mendapat manfaat dengan serangkaian kegiatan dan fasilitas yang ada. Event ini merupakan salah satu media komunikasi yang tepat untuk mencapai citra positif bagi radio Prambors

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Event Radio, Persepsi Public, Citra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2013 05:37
Last Modified: 23 Oct 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item View Item