Pengaruh Pemberian Infusa Buah Kurma (Phoenix dactylifera) TERHADAP Perubahan Jumlah Trombosit Pada Tikus Putih Jantan Yang Diinduksi Kotrimoksazol

Wijayanti, Lina and , Nurcahyanti W., M.Biomed., Apt. and , Tanti Azizah Sujono, M.Sc., Apt (2013) Pengaruh Pemberian Infusa Buah Kurma (Phoenix dactylifera) TERHADAP Perubahan Jumlah Trombosit Pada Tikus Putih Jantan Yang Diinduksi Kotrimoksazol. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_Naskah_Publikasi.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_Halaman_Depan.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Buah kurma (Phoenix dactylifera) secara empiris merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan jumlah trombosit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian infusa buah kurma terhadap peningkatan jumlah trombosit pada tikus yang diinduksi oleh kotrimoksazol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian pretest-postest dengan kelompok kontrol. Digunakan 25 ekor tikus putih jantan berumur 2-3 bulan dengan berat 200-300 gram dibagi secara acak menjadi 5 kelompok. Kelompok kontrol negatif dan kelompok uji infusa buah kurma konsentrasi 10%, 25%, dan 50% diinduksi dengan kotrimoksazol dosis 172,8 mg/kgBB selama 8 hari sedangkan kelompok kontrol normal diberi perlakuan aquades masing-masing perlakuan secara per oral 2,5 mL/200 gBB. Efektifitas buah kurma dalam meningkatkan jumlah trombosit dihitung berdasarkan jumlah peningkatan trombosit setelah perlakuan infusa buah kurma selama 3 hari pada masing-masing kelompok uji setelah tikus diinduksi oleh kotrimoksazol dan dilakukan uji statistik One Way ANOVA dilanjutkan uji Post Hoc LSD dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa infusa buah kurma konsentrasi 10%, 25%, dan 50% mampu meningkatkan jumlah trombosit tikus yang diinduksi oleh kotrimoksazol (p<0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kotrimoksazol, Infusa buah kurma (Phoenix Dactylifera), trombosit
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Sep 2013 07:56
Last Modified: 21 Oct 2021 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

View Item View Item