Media Dan Konflik Sosial (Analisis Framing Surat Kabar Harian Solopos Dan Suara Merdeka Edisi Terbit 4 Mei – 8 Mei 2012)

Setiyawan, Rizki Haris and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Ika Damayanti, M.I.Kom (2013) Media Dan Konflik Sosial (Analisis Framing Surat Kabar Harian Solopos Dan Suara Merdeka Edisi Terbit 4 Mei – 8 Mei 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (609kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124MB)

Abstract

Konflik sosial yang terjadi antara warga Solo dengan Ormas di Gandekan, Jebres, Solo terjadi pada tanggal 3 Mei dan 4 Mei 2012, diduga kuat karena adanya rasa dendam diantara salah seorang dari oknum ormas dengan warga, yang kemudian menyulut emosi dari masing-masing kelompok. Konflik sosial tersebut kemudian diangkat berbagai surat kabar, diantaranya SOLOPOS dan Suara Merdeka. Alasan mengenai pemilihan surat kabar SOLOPOS dan Suara Merdeka, karena SOLOPOS merupakan koran daerah yang berasal dari Solo, yang kemudian memuat kasus yang terjadi didaerahnya, sedangkan Suara Merdeka merupakan surat kabar yang berasal dari Semarang, yang memuat kasus konflik sosial di Solo dengan wilayah yang lebih besar dan luas, yaitu Jawa Tengah. Untuk mengetahui kecenderungan posisi berita berdasarkan kepentingan suatu isu digunakanlah analisis framing model Pan dan Kosicki, dengan memperhatikan empat struktur besar, yaitu struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik, dan struktur retoris. Dari struktur-struktur tersebut, akan diketahui bagaimana cara media massa menyusun fakta, bagaimana cara media massa mengisahkan fakta, bagaimana cara media massa menulis fakta, dan bagaimana cara media massa menekankan fakta. Dari analisis tersebut, diperolehlah kesimpulan bahwa pengaruh wilayah menjadi faktor penyampaian dari masing-masing surat kabar, dimana bentuk penulisan berita dan posisi berita yang berbeda dari kedua surat kabar tersebut. Dari sisi kecenderungan pemberitaannya, SOLOPOS lebih cenderung kepada pihak Pemerintah Solo, dan menekan pihak-pihak yang bertikai atau menghilangkan informasi dari pihak-pihak tersebut. Sedangkan Suara Merdeka tidak memihak pada salah satu pihak yang bertikai, karena dalam pemberitaannya tidak menampilkan informasi dari satu sudut pandang saja, tetapi kecenderungan berita justru tampak pada kepentingan politik yang ditampilkan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berita Konflik Sosial, SOLOPOS dan Suara Merdeka, Analisis Framing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2013 05:37
Last Modified: 21 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26157

Actions (login required)

View Item View Item