Aktivitas Antibakteri Fraksi Metanol Ekstrak Etanol Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis (L.) O.K) Terhadap Streptococcus Mutans Dan Lactobacillus Acidophilus Serta Bioautografinya

Wiyarti, Daru and , Peni Indrayudha, Ph.D.,Apt and , Rima Munawaroh, M.Sc., Apt (2013) Aktivitas Antibakteri Fraksi Metanol Ekstrak Etanol Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis (L.) O.K) Terhadap Streptococcus Mutans Dan Lactobacillus Acidophilus Serta Bioautografinya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)

Abstract

Ekstrak etanol daun teh hijau memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri penyebab karies gigi Streptococcus mutans dan Lactobacillus acidophilus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri fraksi metanol daun teh hijau terhadap Streptococcus mutans dan Lactobacillus acidophilus serta untuk mengetahui golongan senyawa yang berkhasiat sebagai antibakteri. Ekstraksi teh hijau menggunakan penyari etanol 96% dengan metode maserasi. Fraksinasi dilakukan dengan metode enap-tuang (dekantasi), pelarut yang digunakan meningkat kepolarannya n-heksan, etil asetat, dan metanol. Fraksi metanol diuji aktivitas antibakterinya menggunakan metode dilusi padat untuk menentukan Kadar Hambat Minimal (KHM) dan Kadar Bunuh Minimal (KBM). Analisis kandungan senyawa dengan KLT menggunakan fase gerak n-butanol:etil asetat (9:1) v/v dan fase diam silika GF254, serta uji bioautografi untuk mengetahui senyawa yang aktif sebagai antibakteri. Aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans dan Lactobacillus acidophilus memiliki KHM yang sama sebesar 0,5%, sedangkan KBM sampai dengan 1% tidak diperoleh. Hasil uji bioautografi menunjukkan senyawa yang aktif sebagai antibakteri adalah fenolik dan flavonoid pada Rf 0,83.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Camellia sinensis L., Streptococcus mutans, Lactobacillus acidophilus, antibakteri.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 14:59
Last Modified: 21 Oct 2021 02:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26140

Actions (login required)

View Item View Item