Perilaku Santri Dalam Mengakses Internet (Studi Korelasi Perilaku Mengakses Internet Antara Santri SMA Al Muayyad Dan Santri SMA Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Penggunaan Situs Islami)

Widyantoro, Andika and , Muhammad Toharudin, S.Pd, Ma and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Perilaku Santri Dalam Mengakses Internet (Studi Korelasi Perilaku Mengakses Internet Antara Santri SMA Al Muayyad Dan Santri SMA Ta’mirul Islam Surakarta Dalam Penggunaan Situs Islami). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (756kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku akses santri dalam menggunakan situs Islami pada SMA Al Muayyad Surakarta dan SMA Ta‟mirul Islam Surakarta. Perilaku santri dalam penggunaan situs Islami dijabarkan dalam bentuk motivasi terhadap penggunaan media sesuai dengan model teori Uses and Gratification. Dari total populasi 391 didapatkan jumlah sampel penelitian 80 yang dibagi 40 sampel di SMA AL-Muayyad a dan 40 sampel di SMA Ta‟mirul Islam melalui Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi parsial. Terdapat 3 variabel diantaranya motivasi (X), penggunaan media informasi lain (Z) dan penggunaan situs Islami (Y). Hasil penelitian diperoleh motivasi (X) dengan penggunaan situs Islami (Y) di SMA Al Muayyad lebih kuat yaitu sebesar 0, 730 sedangkan di SMA Ta‟mirul Islam sebesar 0, 296. Dapat disimpulkan bahwa SMA Al Muayyad memiliki hubungan yang kuat antara motivasi dan penggunaan situs Islami daripada SMA Ta‟mirul Islam. Sedangkan hubungan dengan variabel kontrol penggunaan informasi lain ditemukan signifikansi di SMA Al-Muayyad sebesar 0,000 sedangkan SMA Ta‟mirul sebesar 0,033 dan tingkat signifikansinya < dari 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara motivasi dan penggunaan situs Islami jika penggunaan media informasi lain adalah sama.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku santri dan Penggunaan situs Islami
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2013 16:25
Last Modified: 23 Oct 2021 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item View Item