Pengaruh penulis Pemberian mampu Strain Counterstrain Dan Kinesio Taping Terhadap Penurunan Nyeri Dan Peningkatkan Fungsional Aktivitas Pada Pasien Nyeri punggung Bawah Myogenik”

Rahayu, Wiwik and , Heru Burbo Kuntono, Dipl. PT. MKes and , Totok Budi Santoso , S.Fis , MPH (2013) Pengaruh penulis Pemberian mampu Strain Counterstrain Dan Kinesio Taping Terhadap Penurunan Nyeri Dan Peningkatkan Fungsional Aktivitas Pada Pasien Nyeri punggung Bawah Myogenik”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (105kB)

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia, insiden nyeri punggung bawah (NPB) belumdiketahui dengan jelas dan biasanya banyak terjadi pada buruh. 90% NPB dapat sembuh spontan, namun ada kecenderungan berulang sehingga menyebabkan terjadinya nyeri kronik dan disabilitas. Modalitas yang dapat digunakan salah satunya adalah strain counterstrain yang di modifikasi dengan kinesio taping untuk membantu proses pengurangan nyeri dalam berbagai kondisi dan salah satunya kondisi nyeri punggung bawah Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pemberian strain counterstrain dan kinesio taping terhadap penurunan nyeri dan meningkatkan aktivitas fungsional pasien nyeri punggung bawah myogenik pada pekerja pabrik. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental, dengan desain penelitian Pre and Post Test With One Group Design. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel 20 orang yang terdiri dari 20 orang pekerja mekanik di PT. SS Trans. Modalitas yang diberikan adalah strain counterstrain dan kinesio taping selama 1 minggu dilakukan 2x dalam seminggu. Pengukuran nyeri menggunakan Visual Analogue Scale (VAS) dan pengukuran peningkatan aktifitas fungsional menggunakan oswerty disability index (ODI). Uji Normalitas data menggunakan whilcoxon tes. Hasil Penelitian: Berdasarkan pengujian statistik didapatkan hasil yang signifikan dengan nilai P adalah 0.0001 dimana p < 0.05 yang berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh pemberian strain counterstrain dan kinesio taping terhadap penurunan nyeri dan peningkatan aktifitas fungsional pada nyeri punggung bawah myogenik Kesimpulan: pemberian strain counterstrain dan kinesio taping memberikan pengaruh pada pasien nyeri punggung bwah myogenik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: buruh pabrik, Strain Counterstrain,kinesio taping, Nyeri punggung bawah, aktifitas fungsional.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 18 Sep 2013 12:27
Last Modified: 16 May 2016 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26098

Actions (login required)

View Item View Item