PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK (Survey pada Rumah Sakit di Kabupaten Karanganyar)

NURJANTO, NURJANTO (2008) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK (Survey pada Rumah Sakit di Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040278.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
B200040278.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam persaingan antara instansi pelayanan publik sejenis, penawaran barang atau jasa dengan harga yang lebih murah dan kualitas lebih baik belum cukup digunakan dalam memenangkan persaingan bisnis. Hal lain yang mempengaruhi keberhasilan dalam persaingan pada saat ini adalah kemampuan suatu instansi pelayanan publik untuk mampu beradaptasi terhadap perubahan alam kompetisi yang bergerak sedemikian cepatnya yaitu dengan menerapkan teknologi, khususnya sistem informasi yang akan membantu aparat dalam melakukan pekerjaannya dengan cara mengurangi keterbatasan yang dimilikinya dan teknologi informasi yang dapat digunakan untuk menjaring data, menyimpan, mengolah, mengirimkan, atau menyajikan secara elektronik menjadi informasi dalam berbagai format yang bermanfaat bagi pemakainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknologi informasi dan sistem informasi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja pelayanan publik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pegawai / karyawan pada rumah sakit di Kabupaten Karanganyar. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Untuk pengujian asumsi klasik diperoleh bahwa data terdistribusi normal dan semua data terbebas dari masalah multikolinearitas, heterokedastisitas, dan autokorelasi. Pengujian hipotesis menggunakan persamaan regresi berganda, Uji R Square, uji F, dan uji t. Hasil analisis regresi diperoleh Y = 4,290 + 0,494X1 + 0,408X2. Sedangkan F hitung sebesar 37,513 dengan signifikansi 0,000, nilai R Square sebesar 0, 721 sehingga variabel tersebut mampu menjelaskan variasi variabel kinerja 72,1% sisanya 27,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini. Maka dari hasil penelitian ini, hipotesis yang menyatakan bahwa teknologi informasi berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pelayanan publik terbukti, artinya H1 diterima. Sedangkan hipotesis yang menyatakan sistem informasi berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pelayanan publik tidak terbukti, hal ini berarti H2 ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Kinerja Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 13 Jun 2009 02:35
Last Modified: 16 Nov 2010 21:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item View Item