ADVOKASI PENDIDIKAN ISLAM DI DAERAH GEMPA (Studi Kasus Asia Muslims Charity Foundation (AMCF) di Dukuh Banjarejo, Desa Kragilan, Kec. Gantiwarno, Kab. Klaten, Prop. Jawa Tengah Tahun 2006-2008)

PONIJAN, PONIJAN (2008) ADVOKASI PENDIDIKAN ISLAM DI DAERAH GEMPA (Studi Kasus Asia Muslims Charity Foundation (AMCF) di Dukuh Banjarejo, Desa Kragilan, Kec. Gantiwarno, Kab. Klaten, Prop. Jawa Tengah Tahun 2006-2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000040125.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
G000040125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar keterlibatan peneliti sebagai salah satu relawan musibah gempa bumi di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tanggal 27 Mei 2006. Peneliti tertarik dengan kegiatan yang dilakukan Asia Muslims Charity Foundation (AMCF) melalui Komite Pemilihan Bencana Alam (Commite Relief Nature Disaster) dalam upaya membantu korban bencana, yang membawa dampak sangat besar terhadap kondisi psikologis masyarakat. Dampak yang berupa kehancuran infrastruktur dan kurangnya perhatian pemenuhan kebutuhan dan pendidikan khususnya pendidikan Islam. Dalam kondisi yang demikian, perlu adanya dukungan psikososial dalam rangka mendukung masyarakat untuk menata kembali masa depannya, menuju kehidupan yang baru. Dengan latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah usaha-usaha advokasi pendidikan Islam dan kendala-kendala dalam pelaksanaan advokasi pendidikan Islam oleh Asia Muslims Charity Foundation (AMCF) melalui Komite Pemulihan Bencana Alam (Commite Relief Nature Disaster). Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasikan usaha-usaha dan kendala-kendala dalam melakukan usaha advokasi pendidikan Islam. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis dan praktis yaitu menambah khasanah wawasan terhadap penyelenggaraan pendidikan Islam di daerah bancana gempa bumi. Sehingga adanya evaluasi terhadap usahausaha advokasi pendidikan Islam di daerah gempa, supaya bisa diterapkan secara terorganisir dan sistematis. Jenis penelitian yang dilakukan tergolong dalam Field Research dan sifat penelitiannya diskriptif analitik dengan tipe penelitian kualitatif alamiah dengan pendekatan yang digunakan fenomenologis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis penelitian ini didapat kesimpulan bahwa: Penyelenggaraan advokasi pendidikan Islam meliputi: perencanaan advokasi yang terdiri dari strategi/persiapan, progrom kerja dan usaha-usaha advokasi pendidikan. Jenis kegiatannya meliputi: pendidikan masjid, majelis ta’lim, bimbingam masyarakat dan ketrampilan kerja. Sedang bentuk kegiatanya melputi: menjadi imam shalat, menyelenggarakan pendidikan Al-Qur’an, kajian kitab-kitab Islamiah, khutbah jum’ah dan silaturahmi. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dalam usaha advokasi adalah keterbatasan relawan, kendala psikologis, kendala geografis, dan kendala adminitratif. Namun pengaruh kendala tersebut terbatas pada pelaksanaan tanpa mempengarui hasil yang bisa dicapai program advokasi pendidikan Islam. Maka dalam usaha advokasi ini perlu adanya: konsep menejemen bencana yang jelas sehingga tindakan penanganan pasca bencana bisa terencana, penyempurnaan pendataan penduduk secara menyeluruh, pendataan konsep kuantitas dalam pelaksanaan advokasi pendidikan Islam artinya memperioritaskan pemerataan bagi masyarakat untuk mendapatkan kegiatan usaha advokasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ADVOKASI PENDIDIKAN , AMCF,Commite Relief Nature Disaster
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 13 Jun 2009 02:27
Last Modified: 24 Feb 2011 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item