Hubungan Kadar Hemoglobin dan Mobilisasi Dini Dengan Penyembuhan Luka Post Sectio Caesarea di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Susilowati, Bekti and , Sulastri, S.Kp., M.Kes and , Kartinah, S.Kep. (2013) Hubungan Kadar Hemoglobin dan Mobilisasi Dini Dengan Penyembuhan Luka Post Sectio Caesarea di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi )
Naskah_Publikasi.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (583kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab VI )
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
Daftar_Pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sectio caesarea ( SC ) merupakan suatu pembedahan guna melahirkan anak lewat insisi pada dinding abdomen. Akibat pembedahan dapat menimbulkan suatu perdarahan pada ibu nifas. Kesembuhan luka operasi sangat dipengaruhi oleh suplai oksigen dan nutrisi ke dalam jaringan. Hemoglobin yang rendah akan menyebabkan hemodilusi yang membuat sirkulasi oksigen terganggu sehingga mempengaruhi proses penyembuhan luka. Mobilisasi dini pada pasien yang mengalami pembedahan berguna untuk mencegah tromboemboli, kekakuan otot pembedahan ,melancarkan siklus peredaran darah dan mencegah terjadinya perdarahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kadar hemoglobin dan mobilisasi dini dengan penyembuhan luka post Sectio caesarea di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Penelitian ini adalah penelitian korelatif dengan pendekatan prospektif. Sampel penelitian adalah 44 ibu yang akan menjalani operasi Sectio caesarea di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Pengumpulan data menggunakan metode observasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan: (1) kadar hemoglobin pada pasien post Sectio caesarea di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagian besar adalah ringan, (2) mobilisasi pada pasien post Sectio caesarea di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagian besar adalah aktif, (3) tingkat penyembuhan luka hari ke tujuh pada pasien post Sectio caesarea di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebagian besar adalah sembuh, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kadar hemoglobin dengan penyembuhan luka post Sectio caesarea, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara kadar hemoglobin dan mobilisasi dini dengan penyembuhan luka post Sectio caesarea di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: post operasi, sectio caesarea, kadar hemoglobin, mobilisasi dini, penyembuhan luka
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2013 08:38
Last Modified: 26 Oct 2021 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26045

Actions (login required)

View Item View Item