Perbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Menderita Gondok Dan Tidak Menderita Gondok Di Sdn Gonggang 4 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan

Nugroho, Adhika Kustantyo (2013) Perbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Menderita Gondok Dan Tidak Menderita Gondok Di Sdn Gonggang 4 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
COVER-_daftar_isi.pdf

Download (371kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_1.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab VI )
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (203kB)

Abstract

Tolak ukur prestasi belajar siswa adalah bagaimana siswa dapat mengikuti proses belajar selama di kelas dan dihitung melalui nilai raport. Siswa yang dapat berkonsentrasi dalam mengikuti proses belajar di kelas dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Namun prestasi belajar siswa dapat terganggu apabila siswa mengalami kesakitan seperti mengalami gondok. Hal yang sama terjadi pada siswa kelas I sampai kelas VI dalam prestasi belajarnya. Diantara siswa ada yang mengalami gondok dan ada yang tidak mengalami gondok. Tujuan penelitian adalah mengetahuiperbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Menderita Gondok Dan Tidak Menderita Gondok di SDN Gonggang 4 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Metode penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode penelitian survey analitik. Dengan rancangan penelitian menggunakan Cross Sectional . sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas I sampai kelas VI di SDN Gonggang 4 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan berjumlah 40 siswa . Sampel penelitian kemudian dibagi menjadi 2 yaitu 20 responden yang mengalami gondok dan 20 siswa yang tidak mengalami gondok. Instrument peneltian berupa pemeriksaan gondok secara palpasi dan prestasi belajar siswa melalui nilai raport. Data-data tersebut kemudian diuji secara statistic dengan menggunakan uji kompatif Mann Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan Nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengalami gondok sebear 74,06 sementara siswa tidak gondok sebesar 79,14. Prestasi belajar siswa yang gondok diketahui 7 responden (35%) dengan prestasi belajar baik, 13 siswa dengan prestasi belajar tidak baik. Siswa tidak gondok diketahui 17 siswa (85%) dengan prestasi belajar siswa baik dan 3 siswa (15%) tidak baik. Hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai Z sebesar - 2.086 dengan p=0,037 (p<0,05) sehingga hipotesis yang diambil adalah Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menderita gondok dengan siswa yang tidak menderita gondok di SDN Gonggang 4 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, gondok, siswa SD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2013 06:13
Last Modified: 27 Sep 2013 12:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26010

Actions (login required)

View Item View Item