Fungsi Manajemen Pembelajaran Dalam Efektivitas Belajar Mengajar Pai Siswa Kelas VII Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Suhartini, Suhartini and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Bambang Raharjo, M.Ag. (2013) Fungsi Manajemen Pembelajaran Dalam Efektivitas Belajar Mengajar Pai Siswa Kelas VII Di Smp Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (711kB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan dan efektivitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dipengaruhi oleh faktor manajemen pembelajaran. Tanpa manajemen pembelajaran yang terprogram dan terencana dengan baik, proses belajar mengajar (PBM) diantaranya dalam mata pelajaran PAI tidak akan berlangsung secara kondusif sehingga materi yang disampaikan kurang begitu efektif. Manajemen pembelajaran benar-benar akan mengelola pembelajaran dari awal sampai akhir pelajaran termasuk juga didalamnya terdapat manajemen kelas atau pengelolaan siswa di dalam kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Berdasar latar belakang tersebut, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut, bagaimanakah fungsi manajemen kelas dalam efektivitas Proses Belajar Mengajar (PBM) mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimanakah fungsi manajemen pembelajaran dalam efektivitas Proses Belajar Mengajar(PBM) mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah pengembangan ilmu pendidikan, khususnya tentang fungsi manajemen pembelajaran dalam efektivitas belajar mengajar PAI di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru PAI dan Siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan penarikan kesimpulannya menggunakan cara berpikir deduktif yaitu, cara berpikir untuk mengambil kesimpulan dari masalah yang sifatnya khusus ke masalah-masalah yang sifatnya umum. Kesimpulan penelitian ini menyatakan Guru PAI di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam melaksanakan fungsi manajemen pembelajaran dalam efektivitas proses belajar mengajar (PBM) berlangsung dengan cukup baik. Hal ini dapat diketahui sebagai berikut: a. Perencanaan yang dilakukan Guru PAI di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yaitu guru hanya menyusun RPP, Silabus, Prota, Promes dan Pekan/Minggu Efektif. b. pelaksanaan yang dilakukan ada empat proses yaitu sebelum membuka pelajaran, membuka pelajaran, pelaksanaan/menyampaikan materi dan penutup. c. Evaluasi yang dilakukan Guru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta berupa tes tertulis. Keadaan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta pada saat pembelajaran PAI di kelas berlangsung dengan baik dan efektif. Keadaan lingkungan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta pada saat pembelajaran juga berlangsung dengan cukup baik, sebab masih ada siswa yang berbicara sendiri dengan temannya pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Efektivitas Belajar Mengajar PAI.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 10:27
Last Modified: 29 Oct 2021 11:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25972

Actions (login required)

View Item View Item