Perbandingan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Yang Menerima Bel (Beasiswa Ekonomi Lemah) Dan Siswa Yang Menerima Best (Beasiswa Prestasi) Di Sma Negeri 2 Ngawi Semester Genap Tahun Pelajaran 2013)

Sofiyah, Latifah Lilis and , Dr. M. A. Fattah Santoso, M. Ag and , Drs. Suharjianto, M.Ag. (2013) Perbandingan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Antara Siswa Yang Menerima Bel (Beasiswa Ekonomi Lemah) Dan Siswa Yang Menerima Best (Beasiswa Prestasi) Di Sma Negeri 2 Ngawi Semester Genap Tahun Pelajaran 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf

Download (917kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Biaya pendidikan merupakan kendala bagi orangtua untuk dapat menyekolahkan anaknya di sekolah yang maju dan berkualitas tinggi atau favorit. SMA Negeri 2 Ngawi Menyadari hal tersebut, sehingga SMA Negeri 2 Ngawi memberikan Beasiswa untuk siswa yang berprestasi dari golongan ekonomi lemah yang disebut dengan Beasiswa Ekonomi Lemah (BEL) dan beasiswa bagi siswa yang berprestasi akademik dan non akademik yang disebut dengan Beasiswa Prestasi (BEST). Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang menerima BEL dan siswa yang menerima BEST di SMA Negeri 2 Ngawi Semester Genap Tahun 2013; 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan prestasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam antara siswa yang menerima BEL dan siswa yang menerima BEST di SMA Negeri 2 Ngawi Semeter Genap Tahun 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengamati hubungan kausal antara dua variabel. Pendekatan ini untuk mengetahui apakah setelah diberi perlakuan beasiswa terdapat perbedaan prestasi belajar. Sebagaimana lazimnya, pendekatan penelitian ini memerlukan hipotesis. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan informasi data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang menerima BEL dan siswa yang menerima BEST, terutama jika tidak ada perbedaan prestasi belajar antara dua kelompok siswa tersebut. Untuk memperoleh data dalam penelitian menghgunakan metode dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil ulangan tengah semester genap siswa BEL dan Siswa BEST, sedangkan Wawancara digunakan untuk memperoleh data jenis pekerjaan orangtua, jarak rumah, kendaraan yang digunakan, dan gaya belajar. Berdasarkan perhitungan di atas dapat diketahui bahwa deviasi standar atau deviasi rata-rata siswa BEST lebih besar daripada siswa BEL, hal ini menunjukan bahwa data siswa BEL lebih homogen daripada siswa BEST yaitu terbukti dengan Standar Deviasi siswa BEL 5,043 < siswa BEST 8,27. Dari hasil selisih rata-rata prestasi belajar siswa yang menerima BEL dan rata-rata prestasi belajar siswa yang menerima BEST, yaitu 1,11 Selisih ini menempatkan prestasi belajar siswa yang menerima BEL lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa yang menerima BEST. Adapun faktor yang berpengaruh terhadap selisih itu berdasarkan analisis kualitatif, adalah gaya belajar dan fasilitas belajar, sementara jenis pekerjaan orang tua, jarak rumah, dan alat transportasi tidak berpengaruh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Pendidikan Agama Islam, Beasiswa Ekonomi Lemah (BEL), Beaasiswa Prestasi (BEST), Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, Gaya Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 09:02
Last Modified: 29 Oct 2021 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25967

Actions (login required)

View Item View Item