Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB) (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah)

Widyasari, Nurul and , Banu Witono, SE, Ak.,M.Si (2013) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB) (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dana dana alokasi khusus terhadap pertumbuhan ekonomi pada pemerintah kota dan pemerintah kabupaten di Jawa Tengah tahun 2010-2011. Data penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah berupa data sekunder yang bersifat kuantitatif. Dalam penelitian ini metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan kriteria atau pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan data panel yang merupakan penggabungan antara data deret berkala (time-series) dan antar individu (cross-section). Data time-series menggunakan data 2 tahunan dimulai dari tahun 2010-2011 dan data cross-section yaitu 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang terdiri dari 29 Kabupaten dan 6 Kota. Teknik panel data dengan menggabungkan jenis data cross section dan time series sehingga menghasilkan 70 observasi Realisasi APBD serta PDRB Atas Dasar Konstan 2000 di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Pertumbuhan Ekonomi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis regresi berganda, dan uji asumsi klasik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB). Sedangkan Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi (PDRB).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Sep 2013 07:49
Last Modified: 17 Nov 2021 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25949

Actions (login required)

View Item View Item