Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sdit Al Anis Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012-2013

Hendarto, Agus (2013) Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di Sdit Al Anis Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (568kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (315kB)

Abstract

Pengembangan kurikulum adalah mengarahkan kurikulum sekarang ketujuan pendidikan yang diharapkan karena adanya berbagai pengaruh yang sifatnya positif yang datangnya dari luar atau dari dalam sendiri, dengan harapan agar peserta didik dapat menghadapi masa depanya dengan baik. Pengembangan kurikulum ini berhubungan dengan organisasi berbagai komponen situasi belajar-mengajar, antara lain penetapan jadwal pengorganisasian kurikulum dan spesifikasi tujuan yang disarankan, mata pelajaran, kegiatan, sumber dan alat pengukur pengembangan kurikulum. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimana model dan karakteristik pengembangan kurikulum dalam meningkatkan prestasi siswa di SDIT Al-Anis Sukoharjo? Tujuan penelitian ini adalah mengdeskripsikan model dan karakteristik pengembangan kurikulum dalam meningkatkan prestasi siswa di SDIT Al-Anis di Sukoharjo. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu Memberikan kontribusi berupa penyajian informasi ilmiah untuk menyempurnakan pelaksanaan kurikulum di SDIT Al-Anis di Sukoharjo dan Sebagai rujukan untuk penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dengan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi di SDIT Al-Anis Sukoharjo sebagai objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: model dan karakteristik pengembangan kurikulum di SDIT Al-Anis Sukoharjo yaitu Model kurikulum yang digunakan pada sekolah dasar Islam terpadu SDIT Al-Anis Sukoharjo adalah kurikulum terpadu (integrated curriculum) dan pendekatan pembelajaran tematik yang dilakukan dengan cara mensinergikan antara kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas), kurikulum Agama (Al-Islam) dan muatan lokal (Mulok) . Dalam pengembangan kurikulum mencakup kegiatan perencanaan, implementasi dan evaluasi. Adapun dalam mengembangkan kurikulum terpadu yaitu menggunakan analisis model Taba, dalam model terdapat komponen-komponen yaitu diagnosis kebutuhan, merumuskan tujuan pendidikan, seleksi dan organisasi isi, seleksi dan organisasi pengalaman belajar dan evaluasi kurikulum. Dari pengembangan kurikulum tersebut akan diperoleh meningkatnya prestasi siswa, prestasi sisaw antara lain 1) Mampu menghafal al-Qur’an 1 juz dalam kurun waktu 3 semester lebih cepat dari target 4 semester. 2) Hafal 4 hadist dalam tiap semester atau hafal hadist arba’in (45 hadist) dalam 12 semester. 3) Hafal al Qur’an minimal 3 juz. Setelah tamat belajar dihasilkan sebuah prestasi dimana dalam Ujian Ahir sekolah (UAS) dan Ujian Ahir Nasional (UAN) nilai ujian dari tiap tahun meningkat dengan lulus 100% dari tahun tahun 2011 sampai 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum dan Prestasi Sisawa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 07:20
Last Modified: 16 Sep 2013 16:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25940

Actions (login required)

View Item View Item