Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Dengan Kecukupan Anggaran Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali)

Rivansona, Afinsya Febrian (2013) Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Dengan Kecukupan Anggaran Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (799kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah dengan kecukupan anggaran dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating. Variabel independen penelitian ini adalah partisipasi penyusunan anggaran, variabel dependen adalah kinerja aparatur pemerintah daerah dan variabel moderating adalah kecukupan anggaran dan komitmen organisasi. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada SKPD Kabupaten Boyolali terdapat 30 SKPD yang keseluruhan pegawainya berjumlah 729 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purpose sampling. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa:. Berdasarkan koefisien regresi variabel PA sebesar 0.170, denagn nilai t hitung sebesar 3.542, sedang nilai sig sebesar 0.001 karena nilai sig sebesar 0.001 < α (0.05) H1 diterima artinya partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah. Variabel KA memiliki nilai probability 0.174 > 0.05 atau 5% sehingga H2 ditolak artinya kecukupan anggaran tidak berpengaruh signifikan dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah. Variabel KO memiliki nilai probability 0.284 > 0.05 sehingga untuk tingkat probability 5% sehingga H3 ditolak artinya komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyusunan anggaran, kecukupan anggaran, penyusunan anggaran, komitmen organisasi dan kinerja aparatur pemerintah daerah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Sep 2013 07:19
Last Modified: 16 Sep 2013 16:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item View Item