Perbandingan Hasil Evaluasi Belajar Fiqh Siswa Program Asrama Dengan Siswa Program Non Asrama (Studi Kasus Kelas Viii Smp Mta Gemolong Tahun Pelajaran 2012/2013)

Nurlitasari, Lutfi and , Dr. Badaruddin, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Perbandingan Hasil Evaluasi Belajar Fiqh Siswa Program Asrama Dengan Siswa Program Non Asrama (Studi Kasus Kelas Viii Smp Mta Gemolong Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (196kB)

Abstract

PERBANDINGAN HASIL EVALUASI BELAJAR FIQH SISWA PROGRAM ASRAMA DENGAN SISWA PROGRAM NON ASRAMA (Studi Kasus Kelas VIII SMP MTA Gemolong Tahun Pelajaran 2012/2013) Sistem pendidikan di Indonesia kini tengah mengalami perkembangan yang signifikan, terlihat dari mulai menjamurnya lembaga pendidikan yang memadukan sistem pengajaran berbasis ilmu pengetahuan dan agama. Programprogram pendidikan kini mulai dikembangkan, mulai dari Boarding school, RSBI, program khusus dll. Begitu juga yang diterapkan di SMP MTA Gemolong yang memadukan kurikulum KTSP dan kurikulum agama. Selain itu SMP MTA Gemolong membentuk program asrama dan progran non asrama. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran Fiqh siswa program asrama dengan program non asrama kelas VIII SMP MTA Gemolong?, (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar Fiqh antara siswa program asrama dengan program non asrama di kelas VIII di SMP MTA Gemolong?, dan (3) Faktorfaktor apa yang mempengaruhi perbedaan hasil belajar Fiqh siswa program asrama dengan program non asrama kelas VIII SMP MTA Gemolong? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan proses pembelajaran Fiqh antara program asrama dengan non asrama, (2) mendiskripsikan perbandingkan hasil evaluasi belajar Fiqh antara kedua program tersebut, dan (3) mendiskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan prestasi belajar Fiqhkedua program tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SMP MTA Gemolong. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan proses pembelajaran Fiqh di dalam kelas antara siswa program asrama dengan siswa program non asrama, hanya saja untuk siswa program asrama diberi tambahan pelajaran agama setiap hari dan kajian rutin satu minggu sekali untuk siswa program non asrama. Masing-masing dilaksanakan di luar jam pelajaran reguler di sekolah. Hasil belajar antar kedua program ada perbedaan, walaupun sangat tipis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Evaluasi Belajar Fiqh, Program Asrama dan Non Asrama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 06:20
Last Modified: 29 Oct 2021 11:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25917

Actions (login required)

View Item View Item