Asuhan Keperawatan Keluarga Tn. S dengan Masalah Utama Diabetes Melitus Khususnya Pada Ny. P di Desa Kebon Baru RT 03 RW 10 Pucangan Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura

Setiorini, Tri Rahayu and , Dian Nur Wulanningrum, S.Kep., NS (2013) Asuhan Keperawatan Keluarga Tn. S dengan Masalah Utama Diabetes Melitus Khususnya Pada Ny. P di Desa Kebon Baru RT 03 RW 10 Pucangan Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (748kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Katar Belakang: Diabetes Melitus adalah gangguan metabolik kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin, dimana tidak dapat di sembuhkan tetapi dapat di kontrol. Diabetes Melitus sendiri di karakteristikan dengan hiperglikemi dan dapat menimbulkan berbagai penyakit komplikasi. Penyakit Diabetes Melitus sendiri juga merupakan penyakit terbanyak yang ditemukan di masyarakat. Data di Puskesmas Kartasura menunjukkan terjadi peningkatan kasus Diabetes Melitus dari tahun 2012, yakni 34 kasus dengan penyebab terbanyak karena lingkungan yang kurang pengetahuan dan terjadi pada usia 50 tahun keatas. Tujuan: mampu mengetahui pengkajian pasa pasien Diabetes Melitus, mengetahui diagnosa keperawatan pada pasien Diabetes Melitus, mengetahui tindakan pada pasien Diabetes Melitus, mengetahui evaluasi tindakan yang telah dilakukan pada pasien Diabetes Melitus. Hasil: Berdasarkan studi kasus di keluarga Tn. S khususnya pada Ny. P ditemukan kurangnya pengetahuan tentang penyakit Diabetes Melitus dan pasien mengatakan tidak mengetahui tentang Diabetes Melitus serta belum mengerti komplikasi dari Diabetes Melitus tesebut. Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 4x kunjungan didapatkan tingkat pengetahuan mengenal penyakit Diabetes Melitus pada pasien meningkat. Kesimpulan: dari hasil pengkajian asuhan keperawatan kesimpulan yang dapat di ambil yaitu pasien dan keluarga agar dapat mengerti tentang penyakit, komplikasi, beserta cara pencegahan resiko komplikasi diabetes melitus.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, sistem endokrin, kurangnya pengetahuan, resiko tinggi komplikasi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan D3
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 09:51
Last Modified: 25 Oct 2021 03:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25896

Actions (login required)

View Item View Item