Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Tahun Pelajaran 2012/2013

Murni, Sri and , Drs. Bambang Raharjo, M.Ag. and , Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag (2013) Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (819kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (783kB)

Abstract

Kinerja guru adalah kemampuan yang ditunjukkan oleh guru dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Kinerja dikatakan baik dan memuaskan apabila tujuan yang dicapai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, kinerja guru dapat dilihat dalam proses pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Adapun salah satu cara untuk membangkitkan semangat kinerja guru dalam mengajar sekaligus menumbuhkan sikap keprofesionalan guru, pemerintah mengadakan program sertifikasi. Dengan harapan, guru dapat meningkatkan mutu profesionalisme melalui peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran, serta peningkatan kinerja dan mutu pendidikan secara nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan perbedaan kinerja guru bagi yang bersertifikat dengan yang belum bersertifikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis komparatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan sertifikasi yang di ikuti oleh guru-guru SMK Muhammadiyah 3 Gemolong dibawah naungan DEPAG bagi guru agama Islam, dan DINAS bagi guru mata pelajaran umum. Guru yang bersertifikat sebanyak 23, dengan perincian 1 guru mata pelajaran agama dan 22 guru mata pelajaran umum, dari ke 23 guru bersertifikat, yang lulus melalui penilaian portofolio sebanyak 2 guru dan yang 21 guru lulus melalui jalur PLPG. Kemudian, perbedaan Kinerja Guru Sertifikat dengan non-Sertifikat dapat dilihat dari proses pembelajaran berlangsung, dengan indikator sebagai berikut: guru sertifikat: (a) Perencanaan Pembelajaran: komponen silabus lengkap, ada pengembangan silabus, dan komponen RPP lengkap, (b) Pelaksanaan Pembelajaran: pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah di buat, pengelolaan kelas sudah maksimal, penggunaan media belum maksimal, sumber belajar tidak hanya dari buku-buku, tetapi ditambah dari internet serta metode pembelajaran bervariasi dan banyak melibatkan siswa, dan (c) Evaluasi Pembelajaran: ada penilaian selama KBM (pree test dan post test), soal tercantum dalam RPP, berikut dengan kunci jawaban dan pensekoran nilai, dan ada perbaikan proses mengajar dan pengayaan bagi siswa, sedangkan guru nonsertifikat: (a) Perencanaan Pembelajaran: Komponen silabus lengkap, belum ada pengembangan silabus dan RPP, serta komponen RPP tidak lengkap, (b) Pelaksanaan Pembelajaran: pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah di buat, pengelolaan kelas belum maksimal, belum menggunakan media, sumber belajar hanya dari buku, dan metode pembelajaran kurang bervariasi yaitu masih ceramah dan pemberian tugas, dan (c) Evaluasi Pembelajaran: belum ada penilaian proses saat KBM, soal tercantum dalam RPP, berikut dengan kunci jawaban namun belum ada pedoman pensekoran nilai dan melakukan pengayaan bagi siswa. Faktor yang mempengaruhi kinerja guru ada dua yaitu: faktor eksternal dan internal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi dan Kinerja Guru.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 08:17
Last Modified: 29 Oct 2021 10:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25885

Actions (login required)

View Item View Item