Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Purwantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013)

Sari, Yuny Eka and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2013) Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Purwantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membahas tentang pendidikan maka tidak akan terlepas dari kurikulum. Kurikulum memberikan rancangan pendidikan yang berfungsi memberikan pedoman dalam proses pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran yang baik, tidak lepas dari sebuah manajemen kurikulum yang baik pula. Dengan kurikulum yang ada yaitu KTSP diharapkan seorang guru dapat mengelola dengan baik untuk mendapatkan hasil prestasi belajar yang baik pula. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut, bagaimana manajemen KTSP Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen KTSP Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SMP Negeri 2 Purwantoro. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PAI kelas VIII dan siswa kelas VIII. Sedangkan sumber data sekunder berupa data-data tertulis seperti sejarah berdiri, letak geografis, struktur organisasi,dll. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pola berfikir secara induktif. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa manajemen KTSP yang dilakukan di SMP Negeri 2 Purwantoro telah berjalan baik. Kegiatan perencanaan pembelajaran dimulai dengan mensosialisasikan kepada guru untuk menghitung minggu efektif, menyusun prota, promes serta menyusun RPP. Guru PAI di SMP Negeri 2 Purwantoro tidak menyusun silabus sendiri tetapi menggunakan silabus dari tim MGMP. RPP yang disusun oleh guru sudah urut dan sistematis. Sedangkan dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru mampu menjalankan dengan baik. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Guru mampu mengkondisikan siswa dalam pembelajaran dengan baik, di dalam pembelajaran guru tidak hanya menyampaikan teori saja tetapi juga aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, guru juga menggunakan metode pembelajaran yang mengaktifkan siswa serta telah terjadi interaksi dalam kegiatan pembelajaran antara guru dengan siswa. Adapun dalam evaluasi pembelajaran sudah menjangkau ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu dengan tes dan non tes. Tes dilakukan melalui tes tertulis, tes tertulis meliputi ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Sedangkan bentuk evaluasi non tes dilakukan melalui penilaian sikap dan perilaku siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen KTSP, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2013 08:04
Last Modified: 29 Oct 2021 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25880

Actions (login required)

View Item View Item