Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal (Studi Empiris di Wilayah Karesidenan Surakarta)

Rumiyani, Ita and , Dr. Erma Setiawati, MM, Ak, CA (2013) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal (Studi Empiris di Wilayah Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HAL_DEPAN.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Dalam era desentralisasi fiskal sekarang ini, diharapkan adanya peningkatan pelayanan di berbagai sektor terutama sektor publik, dengan adanya peningkatan dalam layanan di sektor publik dapat meningkatkan daya tarik bagi investor untuk untuk menanamkan investasinya di daerah. Oleh karana itu, pergeseran komposisi belanja merupakan upaya logis yang dilakukan Pemda dalam rangka meningkatkan tingkat kepercayaan publik yang dapat dilakukan dengan peningkatan investasi modal dalam bentuk aset tetap, yakni peralatan, bangunan, infrastruktur dan harta tetap lainnya. Dengan meningkatnya pengeluaran modal diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik karena hasil dari pengeluaran belanja modal adalah meningkatnya aset tetap daerah yang merupakan prasyarat dalam memberikan pelayanan publik oleh Pemerintah daerah (Kusnandar dan Siswantoro Dodik, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap belanja modal, untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh pendapatan asli daerah (PAD) terhadap belanja modal dan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh dana alokasi umum (DAU) terhadap belanja modal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah di Wilayah Karesidenan Surakarta dari tahun 2009-2011 yang menjadi objek dalam penelitian adalah 7 Kabupaten/Kota. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda yang menggambarkan hubungan antara Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Dana Alokasi Umum (DAU) sebagai variabel independen terhadap variabel dependen yaitu Belanja Modal. Hasil pengujian Hipotesis pertama (H1) tidak terbukti bahwa hasil pengujian pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap belanja modal dilakukan dengan melihat koefisien PDRB sebesar 13368.688 dengan parameter positif (+), nilai thitung (1,329) < ttabel (2,110) dan tidak signifikan (p=0,202) pada taraf signifikansi 5%, Hipotesis kedua (H2) terbukti bahwa hasil dari pengujian pendapatan asli daerah berpengaruh positif terhadap belanja modal menunjukkan bahwa koefisien regresi PAD sebesar 1,267 dengan parameter positif (+), nilai thitung (3,100) > ttabel (2,110) dan signifikan (p=0,007) pada taraf signifikansi 5%, Hipotesis ketiga (H3) tidak terbukti bahwa hasil pengujian dana alokasi umum berpengaruh positif terhadap belanja modal dilakukan dengan melihat koefisien DAU sebesar 0,203 dengan parameter positif (+), nilai thitung (1,417) < ttabel (2,110) dan tidak signifikan (p=0,174) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BM, PDRB, PAD, DAU
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Sep 2013 07:57
Last Modified: 17 Nov 2021 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25875

Actions (login required)

View Item View Item